Tahapan Terbentuknya Bumi

Tahapan Terbentuknya Bumi, Ada banyak penciptaan bumi berdasarkan teori maupun mitos sampai pada penjelasan agama dan ilmu pengetahuan. Salah satu teori tentang penciptaan bumi adalah “Dentuman Besar” (Big Bang), seperti yang dikemukakan oleh Stephen Hawking. Teori ini menyatakan bahwa alam semesta mulanya berbentuk gumpalan gas yang mengisi seluruh ruang jagad raya. Jika digunakan teleskop besar Mount Wilson akan terlihat ruang jagat raya yang luasnya mencapai radius 500.000.000 tahun cahaya. Gumpalan gas itu suatu saat akan meledak dengan satu detuman yang sangat dasyat. Setelah itu materi mulai berdesakan satu sama lain dalam kondisi suhu dan kepadatan yang sangat tinggi sehingga hanya tersisa energi berupa proton, neutron dan elektron, yang tersebar ke seluruh arah.

Ledakan dasyat itu menimbulkan gelembung-gelembung alam semesta yang menyebar dan mengembung ke segala penjuru sehingga membentu galaksi, bintang-bintang, matahari, planet-planet, bumi, bulan, dan meterorit.

Selanjutnya proses evolusi alam semesta itu memakan waktu kosmologis yang sangat lama sampai jutaan tahun. Ilmu paleontologi membaginya menjadi enam tahapan waktu geologis. Masing-masing ditandai dengan peristiwa alam yang menonjol, seperti terbentuknya gunung, benua, dan mahluk hidup yang sederhana.

Proses evolusi bumi dibagi menjadi beberapa periode:

  1. Tahapan Terbentuknya Bumi
    Azoikum (yunani: a= tidak; zoon= hewan), yaitu zaman sebelum adanya kehidupan. Pada saat itu bumi baru terbentuk dengan suhu yang relatif tinggi. Waktunya lebih dari satu miliar tahun lalu.
  2. Tahapan Terbentuknya Bumi
    Paleozoikum, yaitu zaman purba tertua. Pada zaman ini sudah ada peninggalan fosil flora dan fauna. Berlangsung sekitar 350.000.000 tahun
  3. Tahapan Terbentuknya Bumi
    Mesozoikum, yaitu zaman purba tengah. Pada masa ini hewan mamalia, hewan amfibi, burung dan tumbuhan berbunga mulai ada. Lamanya kira-kira 140.000.000 tahun.
  4. Tahapan Terbentuknya Bumi
    Mesozoikum, yaitu zaman purba tengah. Pada masa ini hewan mamalia, hewan amfibi, burung dan tumbuhan berbunga mulai ada. Lamanya kira-kira 140.000.000 tahun.

Kepulauan terbentuk melalui proses yang panjang dan rumit. Sebelum bumi didiami kepulauan hanya diisi oleh tumbuhan  dan hewan yan masih sangat kecil dan sederhana. Alam terus mengalami evolusi untuk mendapatkan keseimbangan dan dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan kondisi alam dan iklim sehingga mahluk hidup yang dapat bertahan dan berkembangbiak yang dapat melewati seleksi alam.

Demikian Informasi Pengetahuan Tahapan Terbentuknya Bumi

You May Also Like