Si Merah Penambah Darah

Si Merah Penambah Darah, Informasi Unik Tentang Buah Merah yang dapat menambah darahPada umumnya orang yang sering mengalami pusing, mata berkunang-kunang, mual, pucat, napas pendek, jantung berdebar kencang biasa terjadi pada orang yang mengalami kekurangan sel darah merah atau yang lebih dikenal dengan anemia. Pada umumnya lebih banyak dialami wanita dibanding pria dikarenakan wanita mengalami menstruasi yang mengakibatkan kekurangan sel darah merah. Berikut ini adalah makanan penambah darah antara lain :

  1. Tomat

Si Merah Penambah Darah

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat dapat menambah darah dengan cara cukup memakan dua buah tomat sehari. Tomat memang mengandung banyak zat besi yang memiliki tugas penting dalam meningkatkan sel darah merah. Dengan mengkonsumsi tomat setiap hari secara teratur, tubuh kita akan menjadi sehat dan bugar.

 

  1. Jambu biji

Si Merah Penambah Darah

Jambu biji merah adalah varian jambu biji yang berkulit hijau sampai kekuning-kuningan dan berisi merah muda. Jambu ini bentuknya agak lonjong dan rasanya kurang manis, tetapi jambu ini memiliki hasiat yang baik karena mengandung Tanin, quersetin, glikosida quersetin, flavonoid, minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guajaverin dan vitamin yang lebih banyak. Untuk meningkatkan kadar sel darah merah, akan lebih maksimal jika Anda memilih jambu biji yang dagingnya berwarna merah. Jambu biji kaya akan zat besi yang berperan penting dalam pembentukkan hemoglobiia sehingga sangat berkhasiat sebagai buah untuk penambah darah. Buah ini juga berkhasiat untuk meningkatkan kadar trombosit sehingga disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita demam bardarah.

 

  1. Bit

Si Merah Penambah Darah

Bit kaya akan karbohidrat ( dalam bentuk gula dengan sedikit kandungan protein dan lemak ) ,  yang mudah menjadi energi serta zat besi yang membantu darah mengangkut oksigen ke otak. Bit berwarna merah, warna ini disebabkan oleh gabungan pigmen ungu betasianin dan pigmen kuning betasantin. Bit yang berwarna kemerahan ini dihubungkan dengan warna darah manusia, sehingga dipakai untuk mengatasi masalah anemia. Sebenarnya yang mengatasi anemia adalah kandungan zat besinya yang cukup tinggi, yang mengaktifkan kembali dan meregenarasi sel darah merah serta menyuplai oksigen yang berguna bagi kesehatan sel-sel darah merah.

 

  1. Stroberi

Si Merah Penambah Darah

Stroberi mengandung nutrisi penting yang diperlukan oleh darah antara lain vitamin A, B1, B2, B3, B6,C, E, K, zat besi, mangan, dan kalsium. Stroberi juga mengandung zat antosianin yang berfungsi sebagai anti oksidan. Stroberi juga dikenal sebagai buah yang berkhasiat sebagai anti inflamas, kaya serat, dan sering digunakan sebagai diet untuk menurunkan berat badan.

 

  1. Buah Naga

Si Merah Penambah Darah

Buah naga juga merupakan buah untuk penambah darah karena mengandung zat besi, fosfor, kalsium, vitamin C, B1, B3, B12, dan berbagai mineral penting lainnya. Untuk meyembuhkan anemia, akan lebih optimal jika Anda memilih buah naga yang dagingnya berwarna merah. Dari warnanya terlihat sangat merah seperti darah sudah dapat dilihat bahwa buah ini memiliki zat pembentuk sel darah merah.