Persiapan Sebelum Melakukan Cheng Beng

Persiapan Sebelum Melakukan Cheng Beng, Cheng Beng dalam bahasa Hokkian adalah ritual tahunan etnis Tionghoa untuk bersembahyang dan ziarah kuburan sesuai dengan ajaran Khong Hu Cu. Cheng Beng (baca : Qing Ming = cerah dan cemerlang) dipilih karena 15 hari setelah Chunhun, biasanya dipercayai merupakan hari yang baik, cerah, terkadang diiringi hujan gerimis dan cocok untuk melaksanakan ziarah makam. Hari Cheng Beng juga dianggap sebagai acar berkumpul keluarga selain hari raya Imlek.

Berikut ini adalah persiapan Anda saat akan melakukan Cheng Beng:

  1. Persiapan Sebelum Melakukan Cheng Beng
    Membawa peralatan kebersihan seperti sapu lidi. kuas dan cat untuk mengecet batu nisan yang sudah mulai luntur. Sebaiknya membersihkan makam dilakukan sebelum Cheng beng. Bila ada makam yang rusak, batu nisan retak atau cat sudah luntur sebaiknya segera diperbaiki. Namun ada juga Yayasan yang mengelola makam, dimana biasanya mereka memungut iuran bulanan atau tahunan sebagai anggaran pemeliharaan makam di lokasi perkuburan. Jadi kita tidak perlu susah-susah lagi dalam membersihkan makam rutin.
  2. Persiapan Sebelum Hari Cheng Beng
    Menyiapkan makanan untuk sembahyang leluhur sangat beragam, mengikuti adat kebiasaan setempat, dan mungkin ada yang menambahkan menu kesukaan leluhur sebelum meninggal. Menu sembahyang umumnya terdiri dari buah-buahan, biasanya yang umum-umum saja asal tidak berduri, seperti pisang, jeruk, apel, pear, anggur, delima, srikaya, nanas (dipotong tangkai daunnya karena tajam) dan sebagainya sebanyak lima buah. Jenis buah-buahan lokal juga bisa dimasukan sebagai variasi, manisan, kue basah seperti kue ang ku (berbentuk seperti tempurung kura-kura, melambangkan umur panjang) dan kue lapis (melambangkan rezeki yang berlapis-lapis), kue mangkok, kue pisang, kue bugis, kue bika ambon dan sebagainya sebanyak tiga jenis kue dan kue kering, teh, arak, nasi dan menu makanan utama. Semua makanan diletakkan pada piring ada juga yang menyusunnya dalam rantang ada juga yang menyusun dalam kotak agar mudah dibawa.
  3. Hubungi keluarga untuk menentukan waktu dan jam melakukan ziarah sehingga mereka akan saling mengabari dan mengatur jadwal pelaksanaan sembahyang ziarah Cengbeng tahunan.
  4. Menyiapkan karangan bunga buat ditaruh di makam orangtua/leluhur nantinya.Bunga wajib dibawa oleh bagi etnis Tionghoa kristiani karena mereka sudah tidak lagi membawa makanan maupun kertas sembayang. Bunga ini yang nantinya akan ditaruh diatas makam sebagai penanda bahwa makam sudah dibersihkan.
  5. Persiapan Sebelum Hari Cheng Beng
    Membawa perlengkapan sembayang seperti kertas sembayang, lilin, dupa, korek api untuk menyalakan api pada dupa, lilin dan membakar kertas.

Demikian Informasi Menarik Persiapan Sebelum Melakukan Cheng Beng

You May Also Like