Penyebab Menstruasi Tidak Teratur dan Cara Mengatasinya

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur dan Cara Mengatasinya, Menstruasi akan tiba saat seorang wanita menginjak masa puberitas di kisaran usia 9-17 yang akan berlangsung pada bulan-bulan berikutnya. Salah satu faktornya menstruasi adalah terjadi pendarahan hormon LH-Progesteron dan FSH-Estrogen pada endometrium secara rutin di setiap bulannya. Pendarahan ini juga disebut peluruhan dinding rahim wanita

Penyebab Menstruasi Tidak Teratur dan Cara Mengatasinya

Haid tidak lancar sering juga dialami oleh perempuan. Haid yang tidak lancar secara umum terjadi akibat kadar hormon estrogen dan progestron perempuan yang tidak seimbang. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi hal ini yaitu :

  1. pada perempuan yang belum menikah sering disebabkan oleh kelelahan psikis akibat stres, kelelahan fisik akibat kerja dan diet yang ketat dan berlebihan.
  2. Pada wanita yang sudah menikah mungkin dapat disebabkan oleh alat kontrasepsi atau KB.
  3. Pada ibu menyusui dapat disebabkan oleh adanya peningkatan hormon prolaktin.
  4. Pada wanita usia pertengahan haid yang tidak lancar mungkin disebabkan oleh keadaan pra menopause.

Cara yang tepat untuk melancarkan haid yaitu;

  1. Olahraga ringan

Olahraga telah terbukti dapat menjaga kesehatan. Olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging, berenang atau yoga menjelang dan pada saat haid akan memperlancar aliran darah dan dapat memperlancar haid. Namun olahraga yang berlebihan malah akan menyebabkan haid menjadi tidak lancar karena tubuh mengalami kelelahan.

  1. Istrahat yang Cukup

Istrahat memberikan peranan penting dalam menjaga kebugaran tubuh, selain itu istrahat juga dapat membantu dalam menghindari stress. Jangan memikirkan banyak hal yang dapat memicu strees, karena hal tersebut tidak baik untuk kelancaran haid.

  1. Pola Makan Sehat

Salah satu faktor penting untuk kelancaran menstruasi adalah mengatur pola makan sehat. Mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan sangat berguna bagi kesahatan dan dapat memperlancar haid. Sayuran dan buah-buahan yang kaya dengan vitamin, serat tinggi dan zat besi sangat berguna untuk melancarkan haid.

  1. Konsumsi jamu tradisional

Kunyit sejak zaman dahulu telah dikenal memiliki khasiat sebagai antiseptik dan antibakteri alami. Konsumsi kunyit saat haid juga dapat memperlancar haid. Jamu kunyit untuk memperlancar haid dapat dibuat dengan menggunakan 2 rimpang kunyit, setengah sendok ketumbar, setengah sendok bija pala dan setengah genggam daun srigading yang direbus dalam satu liter air hingga medidih, kemudian disaring. Jamu kunyit dianjurkan untuk dikonsumsi minimal satu kali sehari pada saat haid agar haid menjadi lancar