Nutrisi Tempe untuk Kesehatan

Nutrisi Tempe untuk Kesehatan

Nutrisi Tempe untuk Kesehatan

Nutrisi Tempe untuk Kesehatan – Tempe adalah produk kedelai fermentasi yang merupakan pengganti daging vegetarian yang populer. Namun, vegetarian atau tidak, itu bisa menjadi tambahan bergizi untuk diet Anda. Tinggi protein, probiotik dan beragam vitamin dan mineral, tempe merupakan bahan serbaguna yang hadir dengan berbagai manfaat kesehatan. Artikel ini akan melihat lebih dalam banyak keuntungan tempe.
Tempe adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari kedelai yang telah difermentasi, atau dipecah oleh mikroorganisme. Setelah fermentasi, kedelai dimasukkan ke dalam kue kompak yang biasa dikonsumsi sebagai sumber protein vegetarian. Selain kedelai, tempe juga bisa dibuat dari varietas kacang lainnya, gandum atau campuran kedelai dan gandum
Tempe memiliki tekstur yang kering dan tegas namun kenyal dan sedikit manis. Hal ini dapat dikukus, tumis atau dipanggang dan sering diasinkan untuk menambah rasa lebih. Sama seperti sumber protein tanpa daging lainnya, seperti tahu dan seitan, tempe adalah pilihan populer di kalangan vegan dan vegetarian karena dikemas dengan nutrisi. Ini Tinggi di Protein untuk Menjaga Anda Penuh

Tempe mengandung protein tinggi.
Satu cangkir (166 gram) menyediakan 31 gram protein Beberapa penelitian menunjukkan bahwa diet kaya protein dapat merangsang thermogenesis, yang menyebabkan peningkatan metabolisme dan membantu tubuh Anda membakar lebih banyak kalori setiap kali makan. Diet tinggi protein juga bisa membantu dalam mengendalikan nafsu makan dengan meningkatkan kepenuhan dan penurunan rasa lapar. Satu studi menemukan bahwa makanan ringan kedelai protein tinggi meningkatkan nafsu makan, kenyang dan kualitas diet dibandingkan dengan makanan ringan berlemak tinggi.
Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa protein kedelai bisa sama efektifnya dengan protein berbasis daging dalam hal pengendalian nafsu makan. Dalam sebuah penelitian tahun 2014, 20 pria obesitas ditempatkan pada diet protein tinggi yang mencakup protein berbasis kedelai atau protein berbasis daging. Setelah dua minggu, mereka menemukan bahwa kedua diet tersebut menyebabkan penurunan berat badan, penurunan kelaparan dan peningkatan kepenuhan tanpa perbedaan yang signifikan antara kedua sumber protein tersebut.
Ini Dapat Mengurangi Tingkat Kolesterol

Tempe dapat Menurunkan Kolesterol
Tempe secara tradisional terbuat dari kedelai, yang mengandung senyawa tumbuhan alami yang disebut isoflavon.
Isoflavon kedelai telah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol. Satu review melihat 11 penelitian dan menemukan bahwa isoflavon kedelai dapat menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL secara signifikan.
Studi lain melihat efek protein kedelai pada kadar kolesterol dan trigliserida. 42 peserta diberi makan makanan yang mengandung protein kedelai atau protein hewani selama periode enam minggu. Dibandingkan protein hewani, protein kedelai menurunkan kolesterol LDL sebesar 5,7% dan kolesterol total sebesar 4,4%. Ini juga menurunkan trigliserida sebesar 13,3%.
Meskipun penelitian yang paling banyak berfokus pada efek kedelai isoflavon dan protein kedelai pada kolesterol darah, satu penelitian difokuskan secara khusus pada tempe. Sebuah penelitian hewan 2013 meneliti efek tempe kedelai yang diperkaya nutrisi pada tikus dengan kerusakan hati. Ditemukan bahwa tempe memiliki efek perlindungan pada hati dan mampu membalikkan kerusakan pada sel hati. Selain itu, tempe menyebabkan penurunan kadar kolesterol dan trigliserida.

Tempe Bisa Mengurangi Stres Oksidatif.
Studi menunjukkan bahwa isoflavon kedelai juga memiliki sifat antioksidan dan dapat mengurangi stres oksidatif. Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas, atom yang sangat tidak stabil dan dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis. Akumulasi radikal bebas berbahaya telah dikaitkan dengan banyak penyakit, termasuk diabetes, penyakit jantung dan kanker. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa isoflavon dapat mengurangi penanda stres oksidatif dengan meningkatkan aktivitas antioksidan dalam tubuh.
Penelitian lain telah menemukan bahwa melengkapi dengan isoflavon kedelai dapat memiliki efek yang menguntungkan pada beberapa penyakit yang berhubungan dengan stres oksidatif. Sebagai contoh, satu penelitian hewan menunjukkan bahwa kedelai isoflavon menurunkan kadar gula darah pada tikus dengan diabetes. Studi lain menggunakan data dari 6.000 rumah tangga di Jepang dan menemukan bahwa asupan produk kedelai dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung dan kanker perut.
Tempeh adalah produk kedelai padat nutrisi dengan jumlah protein tinggi, serta berbagai vitamin dan mineral. Ini bisa menurunkan kadar kolesterol, stres oksidatif dan nafsu makan sekaligus memperbaiki kesehatan tulang.

Tempe juga mengandung probiotik, yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan meningkatkan penurunan berat badan.
Meskipun demikian, mereka yang memiliki alergi kedelai atau fungsi tiroid yang terganggu harus membatasi asupan tempe dan produk berbasis kedelai lainnya.
Namun untuk sebagian besar, tempe adalah makanan serbaguna dan bergizi yang bisa menjadi tambahan yang sangat baik untuk diet.

You May Also Like