Menjaga Kondisi dikala Pancaroba

Menjaga Kondisi dikala Pancaroba

Menjaga Kondisi dikala Pancaroba

Peralihan Musim baik dari musim penghujan ke musim kemarau ataupun sebaliknya sering kita sebut dengan musim pancaroba yang biasanya diwarnai dengan timbulnya berbagai jenis penyakit terutama kepada anak-anak dan orang dewasa dengan daya tahan tubuh kurang.

Kondisi suhu udara yang tiba-tiba berubah membuat tubuh perlu beradaptasi lebih keras sehingga kadangkala tubuh tidak dapat mengikuti sehingga mudah terserang penyakit pancaroba yang biasa muncul seperti, diare, influenza, gangguan pernafasan, tifus dan disentri.

Berikut ini beberapa penyakit yang sering muncul dikala musim pancaroba

  1. Gangguan Saluran Pernapasan Atas (ISPA)
    Penyakit yang sering muncul di kala pancaroba adalah ISPA. Gejala awalnya dari penyakit ini terlihat dari munculnya pilek, batuk, mudah sekali bersin, suhu badan tinggi dan gangguan bronkitis.
    Biasanya suhu tubuh akan ikut naik pada kisaran 37.0-38.0C, namun ketika influensa dapat mencapai 38.0-40.0C.
    Gejala lainnya adalah tubuh atau otot dan sendi terasa nyeri, kepala terasa sakit, nafsu makan berkurang, parau, sakit tenggorokan dan lain-lain.
    Gejala inkubasi biasanya antara 3-5 hari kemudian tubuh akan kembali ke arah lebih baik bila dilakukan perawatan.
  2. Gangguan Pencernaan
    Penyakit atau gangguan tubuh lainnya yang sering muncul ketika musim pancaroba adalah gangguan pencernaan seperti mencret-mencret yang ditandai dengan feses yang cair.
    Seringnya BAB membuat badan kehilangan caairan tubuh sangat cepat sehingga akan membuat badan lemas dan lemah. Jika mengalami hal ini minum cairan atau air putih yang banyak untuk menggantikan cairan yang hilang dan tidak lupa juga ke dokter agar dilakukan penanganan yang baik.
  3. Penyakit Tifus
    Penyakit ini muncul ketika kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang kurang higienis sehingga bakteri salmonella typhos (Penyebab penyakit tifus) ikut masuk ke dalam sistem pencernaan.
    Gejala yang timbul biasanya berat badan berkurang karena nafsu makan berkurang, tubuh menjadi lemah dan letih, tubuh menggigil dan berkeringat, mual dan muntah, peradangan pada cabang tenggorokan dan sakit perut yang terjadi secara tiba-tiba.
    Untuk mengatasi penyakit ini egera periksa ke rumah sakit terdekat agar tidak menjadi parah, pemulihan akan lama bila tidak segera diatasi oleh dokter.

Cara mencegah gangguan kesehatan ketika musim pancaroba datang

  • Makanan dan minuman yang dikonsumsi haruslah higienis agar bakteri-bakteri jahat tidak ikut masuk kedalam tubuh.
  • Jagalah kebersihan lingkungan, awal dari sebuah penyakit biasanya adalah tempat yang kotor dan tidak terjaga kebersihannya.
  • Istirahat yang cukup jangan terlalu lelah ketika bekerja.
  • Minum vitamin agar menjaga stamina dan kesehatan.
  • Makanlah makanan yang bergizi tinggi.
  • Segera kedokter bila mengalami gejala gangguan kesehatan.

You May Also Like