Mengatasi Insomnia

Mengatasi Insomnia

Mengatasi Insomnia
Insomnia adalah gangguan susah tidur malam. Seseorang yang mengalami insomnia akan memilik siklus tidur yang tidak beraturan. Karena insomnia ini lah, banyak orang lebih rentan terhadap serangan penyakit. Insomnia ditandai dengan beberapa gejala seperti sulit tidur atau tidur tidak nyenyak, bangun terlalu pagi, bangun di tengah malam dan tidak bisa kembali tidur, merasa lelah dan tidak bertenaga saat bangun, hingga mengantuk di siang hari.

Insomnia dapat terjadi dalam rentang waktu sebentar (akut) dan berkepanjangan (kronis). Akut terjadi saat insomnia berlangsung dalam 1 sampai 7 malam dan kronis adalah saat seseorang sulit tidur minimal 3 malam dalam seminggu selama sebulan.

Insomnia muncul akibat :
. Stres berlebih dan banyak pikiran (kematian, perceraian, kehilangan pekerjaan, pindah
rumah)
. Suasana tidur yang tidak nyaman (berisik, terlalu panas atau dingin, terlalu terang)
. Perubahan ritme kegiatan (jam kerja malam, bepergian di daerah dengan siklus waktu
berbeda)
. Tidur tidak teratur (tidur terlalu awal, bangun terlalu siang, tidur siang terlalu lama)
Memiliki gaya hidup kurang aktif

Cara mengatasi Insomnia :
. Hindari konsumsi kafein
Minuman yang mengandung kafein seperti kopi, dan nikotin di dalam rokok adalah stimulan yang membuatmu terjaga. Selain itu, minum alkohol dapat menyebabkan kamu terbangun di tengah malam.
. Mengonsumsi obat tidur
Cara paling sederhana tentu dengan mengonsumsi obat tidur, namun sangat disarankan untuk mengkonsumsi obat herbal, karena tentunya obat-obatan kimia bisa menimbulkan efek samping bagi kesehatan jika di konsumsi untuk jangka panjang.
. Kurangi cahaya berlebih
mengurangi cahaya lampu bisa menjadi cara mengatasi insomnia sulit tidur yang efektif. Bila perlu matikan lampu tidur Anda agar bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.
. Jangan makan sebelum tidur
Ganti dengan makan ringan atau minuman susu atau air putih, diusahakan jangan makan makanan berat sebelum tidur
. Buat Kondisi Kamar Nyaman
kamar yang bersih dan nyaman akan membuat kita beristirahat dengan tenang, selain itu ganti warna kamar dengan warna yang sejuk dimata agar bisa membantu tidur kita
. Hindari Tidur Siang
Apabila anda selalu tidur siang akan membantu anda dalam mengatasi insomnia.

Semoga informasi ini bisa membantu anda dalam mengatasi masalah insomnia.

You May Also Like