Mengapa Kita harus Mengunyah Makan lebih lama

Mengapa Kita harus Mengunyah Makan lebih lama

Mengapa Kita harus Mengunyah Makan lebih lama

Mendapat nutrisi dalam makanan bukan hanya berdasarkan pada kandungan makanan tersebut, ada satu proses yang sering kita lupakan yaitu mengunyah. penyerapan nutrisi makanan dalam tubuh dimulai dengan cara mudah adalah mengunyah makanan.
dalam sebuah artikel kesehatan yang diterbitkan tanggal 18 juli 2013 oleh Honor whiteman ” Mengunyah makanan anda lebih banyak membantu anda mempertahankan tingkat energi”.

Mengunyah makanan secara perlahan dan benar terbukti untuk mengontrol nafsu makan, mengunyah perlahan dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar dalam tubuh selama proses percernaan.

lalu berapa lama kita harus mengunyah?
Berapa lama kita Mengunyah makanan sangat tergantung dari jenis makanan yang kita konsumsi, semakin padat semakin kita butuh waktu mengunyah yang lama.
Dalam penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti di Purdue University, West Lafayette, Indiana. Para peniliti meminta peserta mengunyah kacang almond, para peserta yang mengunyah kacng almond 10 kali, 25 kali, atau 40 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada peserta yang mengunyah almond lebih banyak , partikel yang lebih kecil masuk diserap oleh tubuh, dan pada peserta yang mengunyah almond kurang, tubuh menghilangkan banyak partikel yang lebih besar. menurut Dr. Richard Mattes, guru besar makanan dan nutrisi di Purdue University, menjelaskan ” ukuran partikel mempengaruhi bio accesbility energi makanan yang anda konsumsi. semakin banyak anda mengunyah, semakin sedikit yang hilang dan lebih banyak yang dipertahankan oleh tubuh”

Jadi tidak ada angka yang pasti mengenai berapa kali kita mengunyah, yang perlu kita ketahui bahwa makanan yang kita konsumsi sudah terkunyah dengan baik. Semakin kita mengunyah makanan dengan baik semakin besar penyerapan nutrisi yang aka diserap oleh tubuh kita, mengunyah dengan benar juga membuat lidah bisa merasakan semua rasa dari makanan yang kita makan dengan maksimal. jadi kita kisa lebih menghargai setiap rasa yang ditawarkan oleh makanan dan juga mengunyah dengan caranya benar akan membuat perut kenyang lebih cepat.
Semoga info ini bermanfaat bagi anda…salam Sehat

You May Also Like