Manfaat Temulawak Melawan Berbagai Penyakit

Manfaat Temulawak Melawan Berbagai Penyakit, Temulawak diketahui sebagai bahan obat tradisional asli Indonesia yang dapat mengobati berbagai penyakit. Jika ingin mengkonsumsi temulawak dengan cara tradisional lakukan dengan cara merebus temulawak dalam panci berisi air. Kemudian air yang sudah bercampur dengan ekstrak temulawak dapat langsung diminum.

Manfaat Temulawak Melawan Berbagai Penyakit

Namun, perlu diperhatikan agar tidak merebus temulawak menggunakan panci alumunium. Karena unsur dalam alumunium dapat bereaksi dengan senyawa aktif dalam temulawak sehingga dapat mengakibatkan keracunan pada tubuh.

Batasi konsumsi temulawak yang sudah dikemas dalam kapsul atau bentuk obat jadi lainnya, terutama jika produsen obat kurang dikenal, karena Anda tidak dapat mengetahui persis kandungan zat apa saja yang terdapat dalam obat tersebut. Jika salah satu kandungan zat dalam obat memiliki efek samping berbahaya, bisa jadi akan berakibat fatal bagi yang mengonsumsinya.

Berikut ini adalah cara pemanfaatan temulawak untuk pengobatan antara lain:

  1. Temulawak untuk pengobatan penyakit liver.

Ambil 25 gram temulawak serta 30 gram daun serut/mirten, lalu campur dengan air sekitar 600 cc, kemudia rebus hingga air tinggal 300 cc. Saring airnya, minum dalam keadaan masih hangat.

  1. Temulawak Untuk pengobatan batu empedu

Ambil sekitar 25 gram temulawak, 30 gram meniran, dan gula aren secukupnya. Kemudian bahan bahan tersebut dimasukkan kedalam air 500 cc, rebus hingga air yang tersisa tinggal 200 cc, setelah hangat saring dan minum airnya.

  1. Temulawak Untuk mengobati penyakit radang kandung empedu.

Ambil temulawak sekitar 30 gram, iris kecil-kecil, lalu masukkan ke dalam 500 cc air dan rebus hingga air yang tersisa tinggal 200 cc. Kemudian saring dan minum air rebusan temulawak tadi.

  1. Temulawak Untuk pengobatan pegal linu, radang sendi, dan rematik.

Ambil 20 gram temulawak dan 20 gram jahe merah. Masukkan kedalam air kira-kira 400 cc air, lalu rebus hingga air yang tersisa tinggal 200 cc. Minum air rebusan ini selagi masih hangat.

  1. Temulawak Untuk mengatasi penyakit batuk hingga radang saluran pernapasan.

Ambil 25 gram temulawak, parut dan tambahkan air matang secukupnya. Kemudian peras dan saring airnya. Berikan air perasan tadi 1 buah jeruk nipis dan madu secukupnya dan diminum. Agar hasil maksimal, ramuan temulawak dapat diminum 3 kali sehari.