Manfaat Nanas untuk kesehatan

manfaat nanas untuk kesehatan

Manfaat Nanas untuk kesehatan
Manfaat Nanas untuk kesehatan – Christopher Columbus membawa nanas ke Eropa setelah melakukan ekspedisi ke Amerika Selatan. Di Amerika Tengah dan Selatan nanas tidak hanya dinikmati karena rasanya yang manis, ternyata nanas telah digunakan oleh sekian lama untuk mengatasi masalah pencernaan dan peradangan. berikut beberapa manfaat kesehatan setelah mengkonsumsi buah nanas :
1) Memperbaiki jaringan kulit
asupan dari mengkonsumsi nanas dengan 3porsi per hari terbukti mengurangi resiko perkembangan degenerasi kulit makula terkait usia.
2) Mencegah Asma
bagi yang mengkonsumsi buah nanas lebih kecil kemungkinan terkena penyakit asma, karena nutrisi beta-karoten yang terkandung didalam nanas mencegah terjadinya asma bagi yang mengkonsumsi.
3) Tekanan Darah
mengkonsumsi buah nanas secara rutin dapat mengendalikan tekanan darah dalam tubuh kita.
3) Kanker
Sebagai sumber antioksidan kuat yang sangat baik – vitamin C, nanas dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui menyebabkan kanker seperti prostat dan juga membantu mengurangi beberapa efek samping dari perawatan radiasi seperti perandangan mulut dan tenggorakan.
4) Diabetes
Dalam sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 1yang mengkonsumsi makanan dengan serat tinggi memiliki kadar glukosa darah yang rendah dan diabetes tipe 2 dapat meningkatkan kadar gula, lipid dan insulin, satu porsi nanas menyediakan sekitar 13 gram serat.
5) Pencernaan
Nanas, karena kandungan serat dan airnya, membantu mencegah sembelit dan meningkatkan kelancaran dan saluran pencernaan yang sehat.
6) Kesuburan
Diet antioksidan kaya telah terbukti meningkatkan kesuburan. Karena radikal bebas dapat merusak sistem reproduksi, makanan dengan aktivitas antioksidan tinggi seperti nanas dianjurkan bagi mereka yang mencoba hamil. Antioksidan dalam nanas, seperti vitamin C dan beta karoten, dan vitamin dan mineral tembaga, seng, dan folat memiliki khasiat yang mempengaruhi kesuburan pria dan wanita.
7) Penyembuhan dan Peradangan
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bromelain, enzim yang ditemukan pada nanas, dapat mengurangi pembengkakan, memar, waktu penyembuhan, dan nyeri yang berhubungan dengan cedera dan intervensi bedah. Bromelain saat ini digunakan untuk mengobati dan mengurangi peradangan dari tendinitis, keseleo, ketegangan, dan luka otot ringan lainnya serta pembengkakan yang berhubungan dengan operasi telinga, hidung, dan tenggorokan atau trauma
8) Kesehatan jantung
Kandungan serat, potassium, dan vitamin C dalam nanas semuanya mendukung kesehatan jantung.
Dalam sebuah penelitian, mereka yang mengkonsumsi 4.069 miligram kalium per hari memiliki risiko kematian 49 persen lebih rendah dari penyakit jantung iskemik dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi kurang potassium (sekitar 1.000 miligram per hari).
Asupan kalium yang tinggi juga terkait dengan penurunan risiko stroke, perlindungan terhadap hilangnya massa otot, pelestarian kepadatan mineral tulang, dan pengurangan pembentukan batu ginjal.
9) Kulit
Antioksidan vitamin C, bila dimakan dalam bentuk alami (seperti pada nanas) atau dioleskan secara topikal, dapat membantu melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari dan polusi, mengurangi keriput, dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Vitamin C juga berperan penting dalam pembentukan kolagen, yaitu sistem pendukung kulit.Christopher Columbus membawa nanas ke Eropa setelah melakukan ekspedisi ke Amerika Selatan. Di Amerika Tengah dan Selatan nanas tidak hanya dinikmati karena rasanya yang manis, ternyata nanas telah digunakan oleh sekian lama untuk mengatasi masalah pencernaan dan peradangan. berikut beberapa manfaat kesehatan setelah mengkonsumsi buah nanas :
1) Memperbaiki jaringan kulit
asupan dari mengkonsumsi nanas dengan 3porsi per hari terbukti mengurangi resiko perkembangan degenerasi kulit makula terkait usia.
2) Mencegah Asma
bagi yang mengkonsumsi buah nanas lebih kecil kemungkinan terkena penyakit asma, karena nutrisi beta-karoten yang terkandung didalam nanas mencegah terjadinya asma bagi yang mengkonsumsi.
3) Tekanan Darah
mengkonsumsi buah nanas secara rutin dapat mengendalikan tekanan darah dalam tubuh kita.
3) Kanker
Sebagai sumber antioksidan kuat yang sangat baik – vitamin C, nanas dapat membantu memerangi pembentukan radikal bebas yang diketahui menyebabkan kanker seperti prostat dan juga membantu mengurangi beberapa efek samping dari perawatan radiasi seperti perandangan mulut dan tenggorakan.
4) Diabetes
Dalam sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 1yang mengkonsumsi makanan dengan serat tinggi memiliki kadar glukosa darah yang rendah dan diabetes tipe 2 dapat meningkatkan kadar gula, lipid dan insulin, satu porsi nanas menyediakan sekitar 13 gram serat.
5) Pencernaan
Nanas, karena kandungan serat dan airnya, membantu mencegah sembelit dan meningkatkan kelancaran dan saluran pencernaan yang sehat.
6) Kesuburan
Diet antioksidan kaya telah terbukti meningkatkan kesuburan. Karena radikal bebas dapat merusak sistem reproduksi, makanan dengan aktivitas antioksidan tinggi seperti nanas dianjurkan bagi mereka yang mencoba hamil. Antioksidan dalam nanas, seperti vitamin C dan beta karoten, dan vitamin dan mineral tembaga, seng, dan folat memiliki khasiat yang mempengaruhi kesuburan pria dan wanita.
7) Penyembuhan dan Peradangan
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bromelain, enzim yang ditemukan pada nanas, dapat mengurangi pembengkakan, memar, waktu penyembuhan, dan nyeri yang berhubungan dengan cedera dan intervensi bedah. Bromelain saat ini digunakan untuk mengobati dan mengurangi peradangan dari tendinitis, keseleo, ketegangan, dan luka otot ringan lainnya serta pembengkakan yang berhubungan dengan operasi telinga, hidung, dan tenggorokan atau trauma
8) Kesehatan jantung
Kandungan serat, potassium, dan vitamin C dalam nanas semuanya mendukung kesehatan jantung.
Dalam sebuah penelitian, mereka yang mengkonsumsi 4.069 miligram kalium per hari memiliki risiko kematian 49 persen lebih rendah dari penyakit jantung iskemik dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi kurang potassium (sekitar 1.000 miligram per hari).
Asupan kalium yang tinggi juga terkait dengan penurunan risiko stroke, perlindungan terhadap hilangnya massa otot, pelestarian kepadatan mineral tulang, dan pengurangan pembentukan batu ginjal.
9) Kulit
Antioksidan vitamin C, bila dimakan dalam bentuk alami (seperti pada nanas) atau dioleskan secara topikal, dapat membantu melawan kerusakan kulit akibat sinar matahari dan polusi, mengurangi keriput, dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Vitamin C juga berperan penting dalam pembentukan kolagen, yaitu sistem pendukung kulit.

You May Also Like