Manfaat Lada Putih Untuk Kesehatan

Manfaat Lada Putih Untuk Kesehatan, Semua ibu-ibu pasti sudah mengetahui bumbu masakan lada putih atau yang dikenal juga dengan nama merica karena lada putih adalah satu rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Lada putih merupakan biji yang berasal dari tanaman lada dengan kulit berwarna lebih gelap. Hal ini biasanya diperoleh dengan proses yang dikenal sebagai retting, di mana buah yang sudah matang direndam dalam air selama seminggu, daging lada akan lembut dan terurai. Proses penggosokan untuk menghilangkan sisa buah, dan biji yang sudah telanjang segera dikeringkan.

Manfaat Lada Putih Untuk Kesehatan

Selain sebagai bumbu masakan, lada putih juga banyak digunakan sebagai obat-obatan, seperti untuk mengobati sakit perut, kolera, kanker, malaria, dll.

Kandungan yang terdapat pada lada putih adalah vitamin yang sangat tinggi, terutama vitamin – K, selain vitamin A dan C. Selain itu juga lada memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, rendah kolesterol, dan rendah gula. Beberapa zat lain yang terkandung dalam lada diantaranya : choline, folic acid, niacin, Pyridoxine, Riboflavin, Thiamin, Sodium, Potassium, Calcium, Copper, besi, magnesium, mangan, phosfor, capsaicin dan seng.

 

Berikut adalah beberapa manfaat lada putih yang dapat dirasakan untuk kesehatan.

  1. Lada putih membantu mengurangi arthritis

Lada putih mengandung capsaicin yaitu zatyang dapat menghasilkan panas yang juga dimiliki dalam cabai, lada putih memiliki sifat antiinflamasi. Oleh karena itu, lada putih sangat bermanfaat bagi semua orang yang memiliki arthritis dan menderita pembengkakan otot dan nyeri

  1. Mengurangi berat badan

Kandungan capsaicin pada lada juga membantu membakar lemak dalam tubuh sehingga dapat membantu dalam proses menurunkan berat badan.

  1. Menjaga kesehatan jantung.

Kelebihan cairan dalam tubuh bisa berdampak buruk bagi jantung Anda. Dengan banyaknya cairan di sekitar dinding jantung akan mengakibatkan tekanan pada jantung yang berpotensi membahayakan kinerja jantung. Salah satu tanda retensi cairan terlalu banyak adalah pergelangan kaki bengkak. Gejala lain, kesulitan bernapas, karena terlalu banyak air yang menekan paru-paru. Manfaat lada adalah zat capsaicin pada lada  menyebabkan kita berkeringat, dan semakin kita berkeringat cairan dalam tubuh berkurang.

  1. Lada putih dapat mengontrol tekanan darah

Lada putih kaya akan flavonoid, vitamin C dan vitamin A untuk membantu dalam menjaga tekanan darah.

  1. Anti-oksidan

Kehadiran flavonoid dan vitamin dalam lada putih membuatnya menjadi anti-oksidan yang akan melawan setiap organisme yang mungkin masuk ke dalam tubuh dan merusak sel-sel di dalamnya.