Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan

Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan, Selain lada putih ada juga lada hitam. Lada hitam dikenal sebagai rempah atau bumbu yang sangat kuat pada aroma banyak masakan. Sering digunakan dalam membuat topping pada pizza untuk menambah aroma, spaghetti, steak dan masakan lainnya.

Manfaat Lada Hitam Untuk Kesehatan

Adapun perbedaan antara lada putih dengan lada hitam adalah sebagai berikut:

  • Lada hitam, dari lada yang tak terlalu tua. Lada ini dipetik kemudian dikeringkan bersamaan dengan kulit. Sehingga membuat permukaan lada ini bekeriput. Biasanya ditemukan dalam bentuk butiran maupun halus.
  • Lada putih, dari lada berusia tua lalu dikupas dan dikeringkan kulitnya. Dengan menyangrainya akan membuat aroma lebih tajam. Rasanya yang pedas sangat khas. Dijual dalam bentuk utuh maupun halus.

Manfaat yang diperoleh dari megkonsumsi lada hitam antara lain:

  1. Menguatkan pencernaan

Zat yang terkandung pada lada hitam dapat meningkatkan motilitas usus, serta menguatkan pencernaan dengan jalan meningkatkan sekresi enzim pencernaan. Juga ditemukan bahwa piperin dalam lada hitam dapat membantu meningkatkan penyerapan selenium, vitamin B-kompleks, beta-karoten, serta nutrisi lain dari makanan. Lada hitam juga digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati perut kembung dan gangguan pencernaan.

  1. Sebagai antiseptik

Lada hitam telah digunakan dalam terapi dalam kedokteran gigi sebagai antiseptik, untuk mencegah pembusukan gigi dan pembengkakan gusi.

 

  1. Lada hitam menurunkan berat badan

Lada hitam dapat membantu menurunkan berat badan karena lada hitam dapat membantu asimilasi yang tepat dalam mengekstraksi semua nutrisi makanan. Selain itu, lapisan luarnya yang mengandung fitonutrien yang kuat dapat merangsang pemecahan sel-sel lemak. Hal ini juga menyebabkan keringat dan buang air kecil, hal sangat bagus untuk menghilangkan kelebihan air dan racun dari dalam tubuh. Cara untuk penurunan berat badan yang efektif, hanya taburi merica atas makanan. Namun jangan makan terlalu banyak.

  1. Mengatasi ketombe

Lada dapat mengatasi ketombe karena antibakteri dan anti inflamasi yang besar pada lada hitam, bermanfaat untuk menyingkirkan ketombe. Caranya dengan mencampurkan satu sendok teh lada hitam yang dihaluskan ke dalam secangkir air mendidih. Aduk rata dan oleskan pada kulit kepala. Kemudian biarkan dulu sekitar setengah jam. Bilas rambut Anda dengan baik, dan Jangan gunakan sampo pada tahap ini, namun hari berikutnya Cuci rambut Anda dengan sampo. Pastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak merica, karena dapat menyebabkan kulit kepala panas .