Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan, Kunyit atau kunir adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan. Kunyit memiliki ciri paling utama adalah dapat menghasilkan warna kuning. Biasa kunyit juga dijadikan sebagai pewarna alami. Sayangnya kunyit memiliki aroma khas sehingga tidak dapat digunakan untuk pewarna semua makanan.

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

Manfaat kunyit selain untuk pewarna dan bahan masakan, kunyit dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan antara lain:

  • Mencegah dan mengurangi gejala arthritis

Arthritis adalah  radang yang terjadi pada persendian  yang menyebabkan sendi menjadi nyeri, kaku, dan kehilangan fleksibilitasnya. Penyakit ini dapat memicu rasa sakit pada persendian yang teramat sangat. Kunyit dapat membantu mengurangi nyeri pada penderitnya. Penelitian menyatakan kinerja kunyit sebanding dengan obat ibuprofen dalam mengatasi arthritis. Jika ingin mencoba mengurangi rasa sakit akibat arthritis, Anda bisa mengonsumsi ekstrak kunyit dosis 500 mg dua kali sehari.

  • Mencegah dan meyembuhkan alergi pada kulit

Berdasarkan sebuah penelitian awal, kulit gatal akibat alergi bisa diatasi dengan mengonsumsi produk yang mengandung kurkumin yang terdapat pada kunyit kemudian dikombinasikan oleh ekstrak lada hitam atau cabe jamu.

  • Mengatasi masalah menstruasi.

Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi ekstrak kunyit bisa meringankan rasa sakit saat menstruasi.

  • Mengatasi tukak lambung.

Beberapa penelitian awal menyatakan sakit tukak lambung dapat diatasi dengan mengonsumsi kunyit.

  • Mengobati penyakit maag

Kunyit dapat merangsang kantong empedu untuk menghasilkan empedu. Hal tersebut dianggap bisa membantu meningkatkan pencernaan. Menurut penelitian, mengonsumsi kunyit juga bisa membantu mengurangi gejala perut kembung pada penderita maag.

  • Mencegah kanker

Penelitian membuktikan bahwa kandungan antioksidan dalam kunyit dapat mencegah pengaruh radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya itu, penelitian lain juga menyebutkan bahwa senyawa curcumin dalam kunyit mampu membunuh sel kanker dan meningkatkan efektifitas obat-obatan konvensional yang digunakan dalam pengobatan kanker.

Demikian Informasi Unik Manfaat Kunyit bagi Kesehatan