MANFAAT KOPI HITAM UNTUK KESEHATAN

MANFAAT KOPI HITAM UNTUK KESEHATAN

MANFAAT KOPI HITAM UNTUK KESEHATAN
Kopi merupakan salah satu jenis minuman yang sangat terkenal di dunia, masing-masing negara mempunyai cara dan kebiasaan dalam mengkonsumsi kopi. Kopi sangat pas di konsumsi di pagi atau sore hari, kopi juga merupakan minuman terbaik saat anda sedang ngobrol atau berdiskusi dengan teman atau kerabat anda. Kadang kopi menjadi pemecah kebuntuan disaat anda lagi suntuk melakukan sesuatu, itulah beberapa kisah mengenai secangkir kopi.

Di negara-negara Eropa dan Amerika sudah mempunyai waktu tertentu dalam meminum kopi, kalau di masyarakat kita sih, ya tergantung suasana hati y, mau minum jam berapa pun bisa. Namun perlu anda ketahui bahwa apa bila kita mengkonsumsi kopi dengan benar ternyata membawa manfaat bagi tubuh kita, apalagi kopi yang kita konsumsi rendah gula atau kopi hitam pahit, bukan kopi instan ya banyak terdapat di Indonesia. berikut beberapa manfaat Kopi Hitam untuk Kesehatan :

1. Menjaga kesehatan Jantung
Selain kalsium, kopi hitam juga mengandung kalium yang sangat berguna untuk memperkuat otot-otot jantung, sehingga detak jantung pun menjadi lebih stabil. Disamping hal tersebut, meminum kopi hitam tanpa gula juga sangat disarankan untuk mengatasi penyumbatan darah yang terjadi akibat beberapa jenis makanan yang Anda konsumsi.
2. Mencegah Diabetes
Kopi hitam yang dikonsumsi tanpa menggunakan tambahan gula ternyata dapat menurunkan risiko terkena diabetes. Hal ini karena rasa pahit yang terdapat di dalam kopi ternyata sangat efektif untuk mengurangi kadar gula di dalam darah. Selain itu, mengonsumsi kopi pahit tanpa gula secara teratur juga dapat menyeimbangkan hormon yang berfungsi untuk mengatur produksi insulin dalam tubuh.
3. Menurunkan resiko Kanker
Kanker telah menjadi salah satu pembunuh terbesar di dunia sekarang ini. Senyawa dalam kopi membantu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker hati, payudara, usus besar dan dubur. Kopi hitam mengurangi peradangan yang merupakan salah satu alasan utama dibalik perkembangan tumor.
4. Menurunkan Berat Badan
Khasiat kopi hitam dapat membantu menurunkan berat badan dengan cepat jika diimbangi dengan olahraga olahraga yang teratur. Hal ini karena kopi hitam dapat meningkatkan metabolisme sekitar 50 persen dan dapat membakar lemak di perut. Selain itu, kopi hitam juga dapat merangsang sistem saraf untuk memecah sel lemak dan menggunakannya sebagai sumber energi.
5. Meningkatkan Kemampuan Memori
Semakin bertambahnya usia menyebabkan menurunnya kemampuan kognitif dan meningkatkan risiko penyakit demensia, parkinson dan alzheimer. Meminum kopi hitam di pagi hari dapat meningkatkan fungsi otak. Kopi hitam membantu otak tetap aktif dan membantu meningkatkan daya ingat. Studi mengatakan konsumsi kopi secara teratur mengurangi risiko Alzheimer sebesar 65 persen dan Parkinson sebesar 60 persen. Kopi hitam membantu mencegah penyakit Parkinson dengan meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh.
6. Mengurangi Stres
Banyak sekali pendapat orang bahwa dengan minum dan menikmati secangkir kopi dapat menghilangkan stres.
7. Megeluarkan Racun dalam Tubuh
Kopi merupakan salah satu jenis minuman diuretik yang dapat membuat orang yang meminumnya merasa ingin buang air kecil. Oleh karena itulah, dengan meminum kopi hitam tanpa gula, racun dan bakteri yang ada di dalam tubuh dapat segera dikeluarkan dalam bentuk urine.

Jadi mulai sekarang ubalah cara anda menikmati secangkir kopi sehingga anda bisa mendapatkan manfaat lebih dari secangkir kopi hitam pahit untuk kesehatan tubuh anda. Jangan berlebihan dalam mengkonsumsi kopi, segala sesuatu yang berlebihan berdampak negatif buat diri kita sendiri.

You May Also Like