Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan

Manfaat Kemiri Untuk Kesehatan – Biasanya kemiri banyak digunakan untuk bahan olahan masakan dan sebagai bumbu masak. Namun ternyata disamping itu, kemiri juga memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan.

Kemiri memiliki nama ilmiah Aleurites moluccana dan masih termasuk kedalam jenis singkong. Kemiri ini memiliki banyak nama untuk beberapa daerah di Indonesia dan di beberapa negara lain seperti India dan lainnya. Lalu untuk kandungan gizi yang dimiliki oleh kemiri antara lain 473 kal energi, 24.4 ml air, 49.9 g lemak, 7.8 g protein, 876 mg kalium, 14 mg sodium, 1.060 mg fosfor, 140 mg kalsium, 410 mg magnesium, 2.7 mg zinc, 2.7 mg zat besi, 6.9 mg tembaga, serta beberapa vitamin (dalam satuan 100gr kemiri).

Manfaat Kemiri untuk Kesehatan :

Membantu Mengobati Sakit Gigi

Jika anda mengalami sakit gigi, getah pohon kemiri dapat membantu anda untuk mengobatinya. Caranya juga cukup mudah, anda hanya perlu mengambil getah pohon kemiri dengan menggunakan kapas kemudian menempelkannya pada gigi anda yang sedang sakit selama kurang lebih 10 menit.

Membantu Mengobati Sariawan

Kegunaan lainnya selain mengobati sakit gigi, getah pohon kemiri ini juga dapat mengobati sariawan yang mungkin sedang anda alami atau keluarga dan kerabat anda. Caranya sama dengan penggunaan untuk mengobati sakit gigi yaitu dengan mengambil getah dari pohon kemiri dan menempelkannya pada sariawan anda.

Mengatasi Infeksi Jamur

Khasiat kemiri lainnya adalah dapat menghilangkan infeksi yang terjadi pada kulit karena disebabkan oleh jamur.

Membantu Mengatasi Insomnia

Anda pernah mengalami insomnia atau sulit tidur? Insomnia ini biasanya terjadi karena beberapa masalah psikologi atau karena suatu penyakit yang sedang diderita. Untuk dapat mengatasi masalah ini anda dapat mengkonsumsi kemiri secara rutin hingga insomnia yang anda derita menjadi sembuh.

Mencegah dan Mengobati Sembelit

Jika anda mengalami masalah sembelit, anda dapat mengobatinya dengan menggunakan kemiri. Sembelit ini merupakan masalah yang terjadi karena frekuensi buang air besar yang jarang atau kesulitan buang air besar karena kurangnya serat dalam tubuh. Untuk mengobati penyakit ini, anda dapat membuat sebuah ramuan untuk dapat mengobatinya dengan menggunakan kemiri.

Mengobati Buang Air Besar Berdarah

Jika anda menemui masalah dalam BAB berdarah, anda dapat menggunakan batang pohon kemiri untuk mengobatinya. Penggunaannya dapat dengan cara mempersiapkan 20 gr kulit batang kemiri. Cuci terlebih dahulu batang kemiri tersebut hingga bersih, kemudian rebus dengan air sebanyak 400 cc hingga tersisa setengahnya, kemudian saring rebusan air tersebut dan minumlah selagi hangat.

Mengobati Gigitan Serangga

Khasiat kemiri juga dapat digunakan sebagai obat pereda gatal akibat gigitan serangga. Anda dapat menggunakannya dengan cara mengambil kemiri tersebut dengan ukuran kecil saja, kemudian panggang kemiri itu lalu haluskan. Gunakan halusan kemiri tadi untuk di olesi pada bekas gigitan serangga.

Membantu dalam Mengobati Diare

Selain untuk mengobati sembelit, kemiri juga dapat mengobati diare. Cara pengobatannya juga cukup mudah dengan cara menyiapkan batang kemiri sebanyak 20gr lalu di haluskan dan direbus dengan air sebanyak 600 cc sampai tinggi tersisa 300 cc. Saring dan buat menjadi 2 gelas dan anda dapat meminumnya sehari 2x.

Kesehatan Rambut

Kemiri memiliki manfaat yang baik untuk rambut karena kemiri kaya akan protein dan mineral. Oleh sebab itu kemiri bagus untuk menguatkan bagian rambut dari akar hingga ujung rambut dan rambut akan tampak lebih berkilau.