Manfaat Jahe

manfaat jahe

Manfaat Jahe

Manfaat Jahe – Jahe, juga dikenal sebagai Zingiber officinale, adalah tanaman berbunga yang sangat erat kaitannya dengan kunyit dan kapulaga. Jahe berasal dari rimpang, yaitu batang bawah tanah yang tumbuh secara horisontal dan membentuk akar ke bawah sementara daun dan batang baru bertunas di atasnya.
Manfaat kesehatan jahe diketahui dengan baik dan jahe telah digunakan di seluruh dunia sebagai obat alami selama ribuan tahun karena khasiat obatnya.

1. Membantu Mengobati Mual
Digunakan dari dulu sebagai obat alami untuk mabuk laut dan morning sickness, jahe mungkin paling terkenal karena kemampuannya untuk mengobati mual.

2. Melawan Infeksi jamur
Infeksi jamur disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari infeksi sampai gatal. Untungnya, jahe memiliki khasiat anti jamur yang kuat yang dapat dengan aman dan berhasil membantu membunuh jamur penyebab penyakit.

3. Melindungi Melawan Ulkus Lambung
Bisul lambung adalah luka yang menyakitkan yang terbentuk di lapisan perut dan menyebabkan gejala seperti gangguan pencernaan, kelelahan, sakit maag dan ketidaknyamanan perut.

4. Meringankan Rasa Sakit Haid
Sayangnya, efek samping yang merugikan seperti rasa sakit, kram periodik dan sakit kepala umumnya terkait dengan menstruasi bagi banyak wanita. Sementara beberapa orang beralih ke obat bebas untuk memberikan kelegaan gejala, pengobatan alami seperti jahe bisa sama bergunanya untuk mengurangi rasa sakit haid

5. Menghambat Pertumbuhan Kanker
Salah satu manfaat paling menonjol dari jahe adalah sifat anti-kankernya, berkat adanya senyawa kuat yang disebut gingerol

6. Mengatur Gula Darah
Gula darah tinggi dapat menyebabkan banyak gejala negatif, mulai sering buang air kecil sampai sakit kepala dan rasa haus meningkat. Jika dibiarkan, bahkan bisa menimbulkan masalah yang lebih serius seperti kerusakan saraf dan gangguan penyembuhan luka.

7. Meredakan Nyeri Bersama dan Otot
Karena kemampuannya untuk mengurangi peradangan, menambahkan jahe ke dalam makanan Anda dapat membantu mengobati nyeri otot dan nyeri sendi artritis

8. Menurunkan Tingkat Kolesterol
Dari memproduksi empedu hingga pembuatan hormon, kolesterol sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Namun, kadar kolesterol tinggi bisa terbentuk di dalam darah, menyebabkan penyumbatan dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

9. Meningkatkan Fungsi Otak
Kondisi neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer dan Parkinson dikaitkan dengan stres oksidatif dan peradangan kronis di otak. Dengan kekayaan antioksidan dan khasiat anti-inflamasi yang kuat, jahe dipercaya berperan penting dalam kesehatan otak Anda.

10. Memblokir Infeksi Bakteri
Selain sifat antijamurnya, jahe juga memiliki kemampuan untuk melawan infeksi bakteri. Bakteri patogen adalah penyebab umum di balik kondisi seperti infeksi saluran kemih, pneumonia dan bronkitis.

11. Meringankan Peradangan
Meskipun peradangan bisa menjadi respon kekebalan normal dan sehat terhadap cedera dan infeksi, peradangan kronis diyakini sebagai penyumbang utama kondisi seperti penyakit jantung, obesitas, diabetes dan kanker.

12. Menjaga Pencernaan
Salah satu manfaat jahe yang paling kuat adalah kemampuannya untuk mendukung kesehatan pencernaan dan mencegah masalah seperti dispepsia, suatu kondisi umum gangguan pencernaan yang ditandai dengan gejala seperti rasa sakit, mulas, kepenuhan dan ketidaknyamanan.

You May Also Like