Manfaat Daun Pepaya

Manfaat Daun Pepaya

Manfaat Daun Pepaya
Pohon Pepaya banyak sekali ditemukan di daerah Tropis, salah satunya di Indonesia. buah pepaya paling banyak diketahui banyak memiliki manfaat bagi kesehatan.
Banyak yang belum banyak mengetahui manfaat yang terkandung dalam daun pepaya, seringkali daun pepaya hanya di manfaatkan sebagai sayuran tanpa mengetahui manfaat yang terkandung dalam daun pepaya bagi kesehatan tubuh kita.
Daun pepaya sebenarnya sudah dipergunakan sebagai salah satu obat tradisional, namun sekarang dengan perkembangan medis yang sukup pesat kita melupakan manfaat daun pepaya sebagai obat tradisional. Mari kita lihat beberapa manfaat dari daun pepaya untuk kesehatan kita :
1. Memperlancar Buang air besar
bukan hanya buah pepaya yang bisa memperlancar buang air besar, namun daun pepaya juga bisa mengatasi masalah tersebut. Zat yang terkandung dalam tanaman pepaya yaitu zat Karpain. Zat ini membantu untuk memperlancar pembuangan kotoran dar perut dan juga membunuh bakteri-bakteri jahat dalam perut kita.
2. Obat anti Demam Berdarah
demam berdarah ternyata bisa dicegah dengan menggunakan daun pepaya, caranya dengan merebus daunnya dan langsung meminum air rebusan tersebut.
3. Penghilang Nyeri saat Menstruasi
daun pepaya dapat membantu para wanita untuk menghilangkan rasa nyeri saat menstruasi. caranya ambil selembar daun pepaya dan kemudian anda rebus bersamaan dengan asam jawa, dan juga garam hingga mendidih. setelah rebusannya berubah dari keadaan panas hingga menjadi hangat, maka segera minumlah air rebusan tersebut karena akan mempercepat khasiat dari daun pepaya.
4. Mencegah Kanker
berdasarkan penelitian daun pepaya dapat digunakan melawan kanker, karena daun pepaya mengandung getah yang dapat mencegah pertumbuhan dari sel-sel kanker, dan menghambat berkembangannya sel-sel kanker. khasiat dari getah tersebut dapat konsumsi lewat olahan dari daun pepaya tersebut.
5. Penambah nafsu makan
campurkan daun pepaya segar dengan garam dapur da air hangat secukupnya. tumbuk sampai halus dan saring airnya, lalu minum air saringan tersebut. ramuan ini dapat menambah nafsu makan dari anak yang susah makan. ( berikan 2-3 hari sekali)
6. Melancarkan ASI
bagi ibu yang menyusui, manfaat daun pepaya bisa melancarkan ASI secara alami, siapkan 5 lembar daun pepaya muda kemudian letakkan diatas api smpai daun layu. tempelkan selagi hangat diatas payudara ibu kecuali bagian puting.

Itulah ragam manfaat dari daun pepaya yang perlu kita ketahui, semoga menjadi info penting bagi anda semua.

You May Also Like