Manfaat dan Khasiat Jengkol yang Tidak Terduga

Manfaat dan Khasiat Jengkol yang Tidak Terduga

Manfaat dan Khasiat Jengkol yang Tidak Terduga, Siapa yang tidak kenal dengan jengkol. Aromanya yang khas membuat semua orang kenal dengan jengkol. Jengkol merupakan salah satu jenis tumbuhan yang terdapat diwilayah Asia Tenggara, tumbuhan ini memiliki nama latin Archidendron Pauciflorum. Jengkol masih termasuk kedalam golongan polong-polongan yang berbentuk gepeng membentuk spiral, warna buahnya cokelat mengkilap dan di lapisi kulit ari tipis. Namun sayang jengkol memiliki bau yang tidak enak dan juga dapat menimbulkan bau tak sedap pada urin setelah mengkonsumsinya, apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan mentah sebagai lalapan.

Manfaat jengkol

  1. Dapat bermanfaat untuk melancarkan buang air besar atau cuci perut Jengkol mempunyai kandungan seat dietary fibers yang tinggi sehingga dapat melancarkan buang air besar. Jengkol dapat menetralisir asam lambung serta mengurangi iritasi pencernaan dengan melapisi permukaan di dalam lambung.Mengurangi tekanan darah tinggi
  2. Jengkol adalah buah yang rendah garam sehingga cocok untuk penderita tekanan darah tinggi dan stroke. Jengkol juga dapat digunakan menjadi obat penyakit darah tinggi.
  3. Dapat mencegah resiko terkena penyakit depresi Jengkol dapat meredakam depresi karena terdapat kandungan tryptophan. Tryptophan merupakan sejenis protein yang dapat menghasilkan serotonin yang dapat membuat seseorang menjadi rileks, memperbaiki mood seseorang.
  4. PMS bagi wanita Jengkol terdapat kandungan vitamin B6 yang dapat mengatur kadar gula darah pada seorang wanita saat menstruasi.
  5. Mencegah anemia Pada jengkol terdapat kandungan zat besi yang tinggi dan dapat merangsang produksi sel darah merah sehingga penderita anemia dapat diobati dengan mengkonsumsi jengkol. Tetapi jangan mengkonsumsinya secara berlebihan karena jengkol juga mengandung efek samping.
  6. Membantu diet Jengkol baik dikonsumsi saat anda sedang diet. Jengkol dapat mengatur nafsu makan karena didalam jengkol terdapat kandungan karbohidrat yang tinggi dan jengkol juga dapat mengatur kadar gula darah saat kita diet.
  7. Mengobati pecandu rokok Jengkol dapat mengobati kecanduan rokok karena jengkol mempunyai kandungan vitamin B6, B12, kalium dan magnesium yang dapat berfungsi untuk mengurangi rasa untuk merokok

Demikian Informasi Unik Manfaat dan Khasiat Jengkol yang Tidak Terduga

You May Also Like