Manfaat Buah Blueberry

manfaat buah blueberry

Manfaat Buah Blueberry
Manfaat Buah Blueberry – Blueberry segar adalah sajian musim panas yang populer. Mereka memiliki rasa manis, dan mereka lezat dan bergizi. Bluberi bisa dimakan baru dipetik atau dimasukkan ke dalam berbagai resep. Blueberry juga bisa dibeli beku. Mereka telah terbukti dapat melindungi diri dari penyakit jantung dan kanker, dan juga dapat membantu mempertahankan kekuatan tulang, kesehatan mental, dan tekanan darah yang menyehatkan.
1) Menjaga kesehatan tulang
Blueberry mengandung zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, mangan, seng, dan vitamin K. Masing-masing komponen tulang. Asupan yang cukup dari mineral dan vitamin ini berkontribusi untuk membangun dan mempertahankan struktur dan kekuatan tulang.
Besi dan seng memenuhi peran penting dalam menjaga kekuatan dan elastisitas tulang dan persendian. Asupan vitamin K yang rendah dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Namun, asupan vitamin K yang cukup meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi kehilangan kalsium.
2) Kesehatan kulit
Kolagen adalah sistem pendukung kulit. Ini bergantung pada vitamin C sebagai nutrisi penting, dan berfungsi membantu mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari, polusi, dan asap. Vitamin C juga dapat meningkatkan kemampuan kolagen untuk menghaluskan keriput dan meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan.
Satu cangkir blueberry menyediakan 24 persen dari tunjangan vitamin C harian yang disarankan.
3) Menurunkan tekanan darah
Mempertahankan kadar natrium yang rendah sangat penting untuk menjaga tekanan darah pada tingkat yang sehat. Blueberry bebas sodium.
4) Mengobati diabetes
Studi telah menemukan bahwa orang dengan diabetes tipe 1 yang mengonsumsi makanan dengan serat tinggi memiliki kadar glukosa darah rendah, dan orang dengan diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi makanan yang sama dapat meningkatkan kadar gula darah, lipid, dan insulin. Satu cangkir blueberry menyumbang 3,6 gram (g) serat. mengkonsumsi tiga porsi per minggu blueberry, anggur, kismis, apel atau pir mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 7 persen.
5) Melindungi terhadap penyakit jantung
Kandungan serat, potassium, folat, vitamin C, vitamin B6, dan fitonutrien dalam blueberry mendukung kesehatan jantung. Tidak adanya kolesterol dari blueberry juga bermanfaat bagi jantung. Kandungan serat membantu mengurangi jumlah kolesterol dalam darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.
6) Mencegah kanker
Vitamin C, vitamin A, dan berbagai fitonutrien dalam blueberry berfungsi sebagai antioksidan kuat yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas terkait penyakit.
7) Meningkatkan kesehatan mental
Studi berbasis populasi telah menunjukkan bahwa konsumsi blueberry terhubung dengan penurunan kognitif lebih lambat pada wanita yang lebih tua.
8) pencernaan sehat, penurunan berat badan, dan rasa kenyang
Blueberry membantu mencegah konstipasi dan menjaga keteraturan agar saluran pencernaan tetap sehat karena kandungan seratnya.
Serat makanan juga dikenal sebagai faktor penting dalam penurunan berat badan dan manajemen berat badan dengan berfungsi sebagai “bulking agent” dalam sistem pencernaan. Makanan berserat tinggi menambah kenyang, atau merasa kenyang, dan mengurangi nafsu makan.
Merasa kenyang lebih lama bisa mengurangi asupan kalori seseorang secara keseluruhan.

You May Also Like