Manfaat Brokoli

Manfaat Brokoli

Manfaat Brokoli

Brokoli adalah sayuran hijau bercabang dengan kuncup bunga ungu atau yang lebih umum hijau. ini termasuk keluarga cruciferous, bersama dengan kembang kol, kubis, dan kankung dan bisa dimakan mentah atau dimasak.
1. Pencegahan Kanker
manfaat yang paling sering kita ketahui adalah mencegah kanker. benar jenis sayuran cruciferous dan semua jenis sayuran dalam kelompok ini sangat baik untuk mencegah kanker perut dan usus.
2. Mungurangi kolesterol dalam darah
brokoli bisa membantu menurunkan kolesterol karena serat yang sangat tinggi, membuat kolesterol mudah untu dikeluarkan dan berdampak pada penurunan kadar kolesterol dalam tubuh kita
3. Kesehatan jantung
Selain mengurangi kolesterol, brokoli bisa membantu kesehatan jantung dengan membantu menjaga pembuluh darah tetap kuat. Sulforaphane dalam brokoli juga merupakan anti-inflamasi dan mungkin dapat mencegah atau membalikkan kerusakan pada lapisan pembuluh darah yang disebabkan oleh masalah gula darah kronis.
4. Kesehatan mata
“Anda mungkin pernah mendengar bahwa wortel bagus untuk mata Anda, dan itu karena mengandung lutein,”. “Ini adalah senyawa antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan mata, dan brokoli juga cara yang bagus untuk mendapatkannya.” Antioksidan lain dalam brokoli disebut zeaxanthin juga bermanfaat. Kedua bahan kimia tersebut dapat membantu melindungi dari degenerasi makula, kondisi yang tidak dapat disembuhkan yang mengaburkan penglihatan sentral, dan katarak,
5. Kesehatan pencernaan
kandungan serat yang tinggi dalam brokoli, membantu menjaga tingkat bakteri sehtr di usus.
6. anti Inflamasi
brokoli adalah anti inflamasi yang hebat dan dapat memperlambat kerusakan sendi yang terkait dengan osteoarhthiritis. berdasarkan penelitian sulforaphane brokoli dapat membantu orang yang menderita radang sendi karena bahan kimia.
7. Kesehatantu tulang.
Vitamin K adalah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk pembekuan darah, dan mungkin memainkan peran penting dalam menjaga tulang kita tetap sehat dan kuat.
Secara umum, brokoli aman dikonsumsi, dan efek samping pun tidak serius. Efek samping yang paling umum adalah iritasi gas atau usus, yang disebabkan oleh tingginya jumlah serat brokoli. “Tapi manfaat kesehatan lebih besar daripada ketidaknyamanannya.”