Manfaat Biji Pepaya

Manfaat Biji Pepaya
Manfaat Biji Pepaya
Pada saat kita mengkonsumsi buah yang kita makan adalah daging buah tersebut dan biji dari buah yang kita konsumsi biasanya di buang begitu saja. Sekarang ini apabila anda mengkonsumsi buah pepaya jangan segera anda membuang biji dari pepaya tersebut, ternyata biji dari buah pepaya mempunyai manfaat yang sangat baik buat kesehatan tubuh kita.

Cara mendapatkan manfaat dari biji pepaya tersebut dengan dimakan mentah-mentah rasanya pahit dan sedikit pedas. pada saat memakannya anda tidak perlu mengunyah terburu-buru, kunyahlah dengan teratur dan benar, untuk menghilangkan rasa pahit anda bisa mencapurnya dengan madu. cara yang lain adalah anda bisa membeli biji pepaya dalam bentuk bubuk kemudian mencampurnya ke dalam makanan.
Berikut beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi biji pepaya :
1. Menjaga kesehatan Organ Hati
Biji pepaya mengandung nutrisi vital yang dapat membantu menyembuhkan sirosis atau kerusakan hati kronis. Untuk memetik benefitnya, tumbuk atau lumat 5-6 biji pepaya lalu tambahkan dalam makanan atau jus (khususnya jus jeruk nipis). Lakukan secara rutin 2x sehari, selama sebulan penuh agar organ hati kembali sehat. Selain menyembuhkan sirosis, biji pepaya juga mampu bertindak sebagai agen detoks bagi organ hati. Anda hanya perlu mengonsumsi beberapa butir saja secara rutin setiap harinya.
2. Menjaga Kesehatan Ginjal
Para ahli dari Universitas Karachi, Pakistan, menemukan bahwa biji pepaya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan ginjal dan mencegah terjadinya gagal ginjal. Segala gangguan yang berkaitan dengan ginjal pun dapat dicegah dan diatasi dengan biji pepaya.
3. Mencegah Kanker
Sebuah manfaat yang luar biasa berkat kandungan isotiosianat dalam biji pepaya, zat ini dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker dan tumor pada penderita kanker khususnya usus besar, payudara, paru-paru, leukimia, dan prostat.
4. Membantu Pencernaan
Baik dalam keadaan sudah maupun belum matang, biji pepaya mengandung enzim papain dalam jumlah yang cukup tinggi. Seperti kita ketahui bersama, papain ini sangat penting karena membantu proses pencernaan protein.
5. Sumber Antioksidan
Menurut ulasan yang dimuat dalam jurnal Molecules pada Juli 2011 silam, biji pepaya mengandung antioksidan jenis flavonoid dan fenolik. Sementara dari hasil laporan bulan April 2011 di Journal of Agricultural and Food Chemistry, didapati bahwa biji pepaya memuat komponen imunomodulatori yang mampu memperlambat pertumbuhan sel tumor.