Manfaat berjalan kaki setiap hari

Manfaat berjalan kaki setiap hari

Manfaat berjalan kaki setiap hari

Berjalan kaki adalah satu kegiatan fisik sehari-hari yang tanpa kita sadari membawa manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Ini merupakan olah raga yang tidak membutuhkan keahlian khusus, berjalan kaki juga tidak perlu memakai peralatan atau pakaian tertentu sepeti olah raga lain pada umumnya. Dan tentunya ini merupakan olah raga gratis…

Memang berjalan kaki merupakan olah raga gratis, tapi mari kita lihat manfaatnya bagi kesehatan kita. Mari kita lihat manfaat dari berjalan kaki ini.

1. Membuat pembakaran kalori dalam tubuh
Dengan rutin berjalan kaki, maka kita bisa membakar kalori dan lemak yang terdapat pada tubuh, kadar gula dalam darah yang menyebabkan kegemukan ternyata juga bisa diturunkan. Dengan berjalan 30 menit setiap hari badan pun aka jauh lebih sehat, bugar, dan ramping.

2. Memperkuat Jantung Rajin berjalan telah terbukti mengurangi risiko
penyakit jantung dan stroke. Hal ini karena aktifitas ini dapat menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) sekaligus meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik), serta menjaga tekanan darah normal. Jadi Apa pun aktifitas yang meningkatkan denyut jantung dan memompa darah juga melatih jantung dan sistem peredaran darah kita. Menurut Asosiasi Stroke, berjalan cepat selama 30 menit bisa membantu mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi penyebab stroke – bisa mengurangi risiko stroke hingga 27 persen!.

3. Mencegah stress da membuat pikiran lebih tenang
Jika kita rutin berjalan kaki setiap hari dan melewati tempat terbuka layaknya taman, hutan, atau bahkan di tepi pantai, maka kita bisa membuat pikiran jauh lebih tenang. Sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia bahkan menyebutkan bahwa dengan berjalan kaki 30 menit setiap hari, kita bisa meredakan stress yang bisa saja muncul karena masalah pekerjaan, masalah ekonomi, hubungan dengan orang lain, dan lain sebagainya.

4. Mencegah Osteoporosis
berjalan dianggap sebagai kegiatan menahan beban, yang merangsang dan memperkuat tulang dengan meningkatkan kepadatannya sehingga mencegah Osteoporosis. Hal ini benar-benar penting, terutama bagi wanita yang lebih rentan terhadap osteoporosis. hal ini juga akan membantu menjaga kesehatan sendi, sehingga bisa mencegah kondisi seperti arthritis.

5. Membuat tidur lebih nyenyak
sebuah penelitian berjudul American Journal of Epidemio menyebutkan bahwa mereka yang rutin bergerak, termasuk berjalan kaki secara rutin, cenderung mampu memdapatkan waktu tidur yang berkualitas.

Marilah mulai dari sekarang lebih banyak bergerak dengan cara berjalan kaki, dengan kegiatan rutin seperti itu membawa manfaat bagi kesehatan kita.

You May Also Like