Manfaat Berenang bagi tubuh

Manfaat Berenang bagi tubuh

Manfaat Berenang bagi tubuh

Berenang seperti halnya olah raga lainnya, memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan kita. olah raga yang tentu saja tidak akan mengeluarkan keringat ini sangat walaupun disaat panas terik sekali pun, betul gak guy’s… apabila diwaktu panas, berendam diair akan membantu mengurangi panas tubuh, sehingga menyegarkandan bisa meremajakan kembali energi kita. Menurut sebuah studi yang dilakukan di University of Extremadura di Spanyol, berenang di air hangat bahkan bisa meringankan rasa sakit-sakit pada tubuh.

Berenang akan membuat suluruh otot tubuh kita bekerja, sehingga meningkatkan kekuatan otot dan kekuatan kardiovaskular. berikut ini beberapa manfaat menakjubkan yang akan didapat tubuh bila anda berenang dengan rutin.

1. Menguatkan Otot -Otot: Orang yang berenang secara teratur memiliki jantung
yang kuat dan stamina otot yang lebih baik . Mereka juga mungkin bisa menyembuhkan otot yang terluka lebih cepat dan efektif .

2. Berenang melatih cardio dan kekuatan tubuh.
berenang melatih cardio karena Anda tidak berhenti bergerak! Menurut pelatih triatlon dan pemilik Tailwind Endurance Earl Walton, otot tubuh Anda juga akan bekerja dengan lebih keras karena air 800 kali lebih padat dari udara.

3. Berenang adalah olahraga low-impact.
Tipe olahraga yang berintensitas rendah ternyata cocok untuk segala usia karena kegiatan yang dilakukan tidak akan terasa berat pada sendi. So, untuk menghindari tekanan berlebihan yang akan mengakibatkan cedera persendian atau otot, sebaiknya memilih olahraga yang low-impact

4. Mencegah Obesitas : Berenang adalah latihan yang sangat bermanfaat untuk
mengurangi berat badan dan menghilangkan obesitas. Kegiatan ini akan membakar lebih banyak kalori dalam tubuh kita, karena lebih banyak bagian tubuh yang berbeda yang ikut dalam proses tersebut. Anda bahkan bisa membakar hingga 800 atau 900 kalori hanya dalam satu jam berenang. Banyak orang yang mengikuti berenang untuk tetap fit dan ramping.

5. Meredakan Stres
Banyak bergerak mampu menghilangkan stres dan merangsang hormon endorfin yang mampu membuat suasana hati menjadi lebih tenang. Bahkan, tanpa Anda sadari, saat bersentuhan dengan air pun, suasana hati menjadi lebih senang.

6. Meredakan Radang Sendi
Postur tubuh yang kurang ideal bisa diperbaiki dengan berenang. Latihan berenang mampu mengurangi masalah yang sering menyerang tulang belakang. Gerakan saat berenang mampu memperkuat otot dan semakin kencang.

7. Melatih Pernafasan
Berenang mampu melatih pernapasan agar lebih kuat dan panjang. Hal ini karena gerakan saat berenang meliputi otot anggota tubuh yang mampu memacu aliran darah ke jantung, paru-paru lebih lancar, dan juga pembuluh darah.

You May Also Like