Manfaat Belimbing

manfaat belimbing

Manfaat Belimbing

Manfaat Belimbing – Belimbing adalah buah yang memiliki punggung bukit yang unik di sisinya atau dengan kata lain “Fruit Star”, biasanya lima tapi bisa bervariasi. Dalam penampang melintang, sepertinya bintang, di sanalah namanya. Buahnya panjangnya sekitar 2-6 inci, dan berwarna kuning saat sudah matang. Ada dua varietas utama belimbing: jenis asam kecil dan jenis manis yang lebih besar.
Belimbing mengandung beberapa vitamin seperti, kolin, folat, lutein zeaxanthin, niasin, asam antothenic, riboflavin, tiamin, vitamin C, B6, dan E.
juga mengandung sejumlah mineral penting seperti kalsium, besi, mangan, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan seng.
Ada beberapa manfaat yang perlu kita ketahui dari buah yang satu ini.

Anti-kanker
Radikal bebas dan karsinogenik dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel yang menyebabkan kanker. Belimbing memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat membantu membersihkan tubuh dengan menetralkan radikal bebas sebelum menyebabkan kerusakan terlalu banyak. Kandungan serat tinggi dalam belimbing juga membersihkan racun yang tersimpan di usus besar dan menurunkan risiko pengembangan kanker usus besar.

Anti-inflamasi
Buah belimbing mengandung antioksidan dan flavonoid dalam jumlah tinggi yang bermanfaat untuk melindungi dari peradangan yang disebabkan oleh radikal bebas yang dapat menyebabkan penundaan perbaikan jaringan. Vitamin C mendorong keluar racun dan membantu sintesis kolagen yang merupakan komponen penting untuk memperbaiki dan membentuk tulang, arteri dan pembuluh darah. Hal ini sangat penting untuk penyembuhan tubuh dan menenangkan kerusakan yang terjadi pada tingkat sel dan jaringan.

Ibu Menyusui
Beberapa wanita mengalami kesulitan memproduksi cukup susu untuk menyusui bayi mereka yang baru lahir. Alih-alih minum pil hormonal, belimbing memiliki khasiat yang bisa membantu meningkatkan produksi ASI secara alami.

Kesehatan jantung
Kalium dan natrium dalam belimbing adalah kandungan elektrolit penting dan bermanfaat untuk mempertahankan tekanan darah. Kadar natrium disimpan di cek oleh magnesium yang merupakan mineral yang mengatur fungsi otot tubuh termasuk otot jantung. Otot jantung membuat detak jantung dan detak jantung teratur yang menjaga aliran darah sehat. Kadar natrium tinggi berbahaya dan bisa meningkatkan tekanan darah. Kandungan lemak rendah menjadikannya suplemen makanan kesehatan dan menurunkan kolesterol jahat yang menyebabkan penumpukan plak.

Sistem kekebalan tubuh
Buah ini mujarab mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi, yang merupakan vitamin yang larut dalam air yang dianggap sebagai antioksidan terbaik yang tersedia bagi tubuh. Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk membantu mencegah flu, flu dan infeksi lainnya. Vitamin C tidak tersimpan dalam tubuh kita dan digunakan cukup cepat saat kita berkeringat. Antioksidan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan mengendarai racun dan radikal bebas yang mengambil alih tubuh kita karena lingkungan, metabolisme internal dan sumber makanan.

Perawatan Kulit
Radikal dan racun bebas dibersihkan dari tubuh oleh antioksidan seperti vitamin C, pembilasan toksin menciptakan kulit yang lebih baik dan mengendalikan jerawat. Jus buah belimbing bisa menghidrasi dan menghaluskan kulit, sekaligus mengurangi munculnya keriput.

Menurunkan Berat Badan
Buah belimbing rendah lemak, kandungan airnya tinggi, mengandung mineral dan serat dalam jumlah tinggi. Ini membuat makanan ringan yang bagus untuk diet diet berat badan. Kandungan serat yang tinggi membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan secara alami mengurangi nafsu makan Anda. Buah kaya air membuat Anda terhidrasi dengan baik saat berolahraga dan campuran mineral yang sehat menjaga keseimbangan elektrolit Anda. Elektrolit mengatur transmisi neuro dan fungsi otot kontrol dalam tubuh.

You May Also Like