Manfaat Bawang Putih

Manfaat Bawang Putih, Bawang putih (Allium sativum; bahasa Inggris: garlic) adalah nama tanaman dari genus Allium sekaligus nama dari umbi yang dihasilkan. Bawang putih mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, terutama tumbuh di Asia Tengah, dan sudah lama menjadi bahan makanan di daerah sekitar Laut Tengah, serta bumbu umum di Asia, Afrika, dan Eropa. Dikenal di dalam catatan Mesir kuno, digunakan baik sebagai campuran masakan maupun pengobatan. Umbi dari tanaman bawang putih merupakan bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia.

Manfaat Bawang Putih

Bawang putih memiliki bermacam-macam bahan yang mengandung sulfur yang menjadi alasan mengapa bawang putih memiliki aroma yang khas. Allicin, salah satu materi yang terkandung dalam bawang putih, dikenal sebagai anti bakteri, anti virus, anti jamur, dan antioksidan.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan

  1. Antibakteri dan Antivirus

Bawang putih sangat dikenal dengan kandungan antibakteri dan antivirus yang dimilikinya. Bawang putih membantu mengontrol virus, jamur, ragi dan infeksi cacing. Bawang putih segar dianggap dapat mencegah keracunan makanan dengan membunuh bacteria seperti E. coli, Salmonella enteritidis, dll.

 

  1. Memangkas kolestrol jahat (LDL)

Bawang putih mempunyai kemampuan dalam menurunkan kolesterol jahat dan mampu memangkas LDL (kolesterol jahat) dalam tubuh secara signifikan, berbagai riset membuktikan bahwa bawang putih dapat memangkas LDL sebanyak 10-15%.  Walaupun bawang putih ampuh untuk menurunkan LDL, tapi tidak memiliki efek berarti bagi HDL sehingga anda tidak perlu kuatir.

 

  1. Menurunkan Berat Badan

Zat anti inflamasi yang terdapat di bawang putih dapat membantu mengatur sel lemak yang terbentuk dalam tubuh kita. Obesitas atau berat badan terjadi ketika lemak terus terbentuk, tahapan ini mengubah Pre-adiposit menjadi sel-sel lemak (adipocytes) melalui proses yang kita namakan sistem inflamasi. Vinyldithiin zat yang terdapat pada bawang putih dapat membantu menghambat terjadinya proses inflamasi ini yang tentu baik untuk mencegah berat badan .

 

  1. Mengurangi Tekanan Darah

 

Manfaat bawang putih yang sudah teruji, telah banyak riset yang mengeluarkan fakta bahwa bawang putih efektif menurunkan tekanan darah tinggi sekitar 7-8% (Sumber : WebMD). Bahkan efek dari bawang putih ini dapat menurunkan tekanan darah pada orang normal.  Sebagian besar penelitian menggunakan bubuk bawang putih tertentu.

  1. Melindungi Jantung

Bawang putih melindungi jantung kita dari penyakit seperti serangan jantung dan atherosclerosis. Khasiat perlindungan jantung ini dapat memberikan kontribusi pada banyak hal. Seiring dengan pertambahan usia, pembuluh arteri cenderung kehilangan kemampuan untuk meregang. Bawang putih membantu mencegah hal ini dan juga melindungi jantung dari efek merusak radikal bebas. Kandungan sulfur bawang putih juga mencegah penyumbatan pembuluh darah dan memperlambat atherosclerosis (mengerasnya pembuluh arteri). Khasiat anti pembekuan darah yang dimiliki oleh ajoene membantu mencegah terbentuknya darah beku dalam pembuluh darah.

Demikian Informasi Unik Manfaat Bawang Putih