Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan, Alpukat (apokat/avokad) adalah buah yang cukup populer di Indonesia, khususnya sebagai jus. Rasa yang nikmat dan warnanya yang khas membuat buah ini gampang dikenali. Nama ilmiah untuk buah ini adalah Persea americana.

Pada Alpukat terdapat kandungan gizi sebagai berikut:

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan

Lemak

Kandungan lemaknya adalah lemak tak jenuh tunggal, dalam bentuk asam oleat. Lemak tak jenuh tunggal yang dianggap sebagai lemak baik yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, menurunkan risiko stroke dan jantung disease.

Protein

Setiap alpukat terdiri dari sekitar 4 gram protein,

Gula

Gula dalam buah ini nilainya cukup kecil, sebuah alpukat terdiri dari 0.4 g gula, berbahaya untuk anda yang khawatir akan gula darah.

Vitamin dan Mineral

Alpukat memiliki kandungan kalium. Selain itu, alpukat kaya akan vitamin K, vitamin B9, vitamin B6, vitamin B5 vitamin C, dan vitamin E.2

Serat

Buah yang berukuran sedang mengandung 11 gram serat, hampir setengah dari serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh manusia.

  1. Memberikan energi bagi tubuh

Alpukat memiliki kalori yang tinggi. Dengan mencampurkan gula pada pembuatan jus alpukat, maka anda akan memperoleh energi yang tinggi.

  1. Mampu menjaga kesehatan kardiovaskuler

Alpukat merupakan sumber asam oleat tak jenuh tunggal yang telah teruji dalam sejumlah penelitian dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik) dalam darah.

  1. Baik untuk program diet

Penelitian telah membuktikan bahwa asam lemak tak jenuh tunggal sangat baik digunakan sebagai pembakaran energi dan tidak disimpan sebagai lemak dalam tubuh. Energi pembakaran yang lambat dan tentunya adalah perasaan kenyang yang akan anda rasakan berhari hari sangat cocok untuk mengurangi rasa lapar dan nafsu makan bagi anda yang sedang diet.

  1. Dapat mencegah tekanan darah tinggi

Alpukat merupakan salah satu buah yang menjadi sumber kalium cukup besar, yang membantu dalam mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

  1. Membantu menutrisi kulit

Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Dengan kandungan vitamin E yang tinggi ini, maka  alpukat dapat membantu untuk menutrisi kulit dari dalam, yang bermanfaat untuk :

  • Menjaga kelembaban kulit
  • Mencerahkan kulit