Makanan dan Minuman yang membuat ginjal kita rusak

Makanan dan Minuman yang membuat ginjal kita rusak

Makanan dan Minuman yang membuat ginjal kita rusak
Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh kita,ginjal memiliki fungsi sebagai filter darah dari partikellain yang tidak dibutuhkan oleh tubuh. maka kita harus bertangung jawab akan kesehatan ginjal kita masing-masing, dengan cara menjaga pola makan sehat dan teratur.
terkadang muncul kasus sakit ginjal karena pola makan yang tidak sehat, ada berberapa makanan yang bisa memicu terjadinya sakit ginjal, seperti beberapa makanan dibawah ini

1. Minuman Beralkohol
Pada era yang modern saat ini banyak minuman beralkohol dijual bebas di mana-mana. Banyak orang menyalahgunakan cairan beralkohol sebagai minuman harian saat waktu tertentu. Efek lain yang didapat oleh peminum minuman beralkohol adalah mabuk. Dengan dosis yang berlebihan minuman ini dapat membuat umur ginjal menjadi pendek.
2. Mengonsumsi Gula
Jenis makanan berikutnya yang dapat merusak ginjal adalah makanan yang mengandung rasa manis. Memang benar rasa manis dapat menjadi penurun hormon yang mengakibatkan stres. Namun terbiasa mengonsumsi yang manis – manis juga dapat membantu meningkatkan risiko gagal ginjal kronis ( GGK) saat usia beranjak tua.
3. Makanan Mengandung Garam Tinggi
Garam merupakan salah satu bahan penyedap makanan yang dihasilkan dari ekstrak air laut. Secara umum, garam memang memiliki manfaat yang baik untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh. Namun perlu anda ketahui juga, menambahkan garam berlebihan dapat membuat rasa masakan anda menjadi asin maupun hambar. Bahkan mengonsumsi garam berlebihan dapat menyebabkan risiko rusaknya ginjal pada tubuhmu.
4. Konsumsi Daging Sapi Berlebihan
Hampir semua orang menggemari olahan daging sapi untuk lauk pauk saat makan. Sebenarnya, Daging sapi mengandung beberapa kandungan hewani seperti omega 3, naicin, riboflavin, yang berguna untuk membantu melengkapi kebutuhan tubuh. Namun mengonsumsi daging sapi dalam jumlah terlalu banyak, bisa saja akan mempersulit ginjal dalam penyaringan darah. Pada akhirnya akan membuat kinerja organ ginjal semakin melemah.
5. Mengonsumsi Kafein
Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein memang dapat membantu meningkatkan kinerja otak dalam berpikir. Minuman mengandung kafein seperti kopi, teh dan cokelat, berperan sebagai pengendali hormon Kortisol yang dapat membantu tubuh meminimalisir stres dan meningkatkan mood. Namun jika kamu mengonsumsi jenis makanan / minuman yang mengandung kafein dalam jumlah tinggi, maka risiko terjadinya gagal ginjal akan mengintai.
6. Makanan yang Digoreng
Salah satu jenis makanan yang banyak digemari oleh kalangan pecinta kopi adalah gorengan. Makanan ini terasa gurih dan nikmat jika dikonsumsi pada suasana yang tepat. Namun perlu dimengerti pula, mengonsumsi makanan yang digoreng ( gorengan ) dalam jumlah banyak, akan mengakibatkan kondisi ginjal mu semakin memburuk di saat sudah tua. Untuk itu agar ginjal terhindar dari risiko GGK, kurangi makan gorengan mulai dari sekarang.
7. Minuman Berkarbonasi / Soda
Memang benar minuman yang mengandung soda tak selayaknya jika dikonsumsi terus – menerus, karena akan memberikan efek buruk bagi kesehatan. Beberapa tim medis mengungkapkan, minuman soda tidak boleh dikonsumsi bagi penderita penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan. Bahkan jika seseorang gemar mengonsumsi minuman ini setiap hari, maka risiko terkena gagal ginjal pun semakin besar.
8. Mengonsumsi Makanan Olahan Berlebihan
Makanan olahan seperti sosis, mi instan, minuman bersoda, roti manis dan lainnya, memang menjadi jalan utama bagi siapa saja yang sedang dalam perjalanan jauh, efek yang ditimbulkan dari makanan seperti ini dapat mengancam organ tertentu dalam tubuh, salah satunya adalah kerusakan pada organ ginjal.

Dengan membaca artikel ini memberikan informasi kepada anda untuk menjaga pola hidup sehat…kesesahatan itu mahal.

You May Also Like