Makan Patita

Makan Patita

Makan Patita – Makan Patita merupakan sebuah acara makan bersama dalam lingkup kekeluargaan yang hangat dengan menyuguhkan berbagai makanan dan masakan tradisional khas daerah Maluku. Siapa pun yang hadir dalam acara Makan Patita itu boleh mencicipi segala makanan yang tersedia di situ dengan sesuka hatinya.
Makan patita merupakan suatu tradis bagi masyarakat Maluku, tradisi yang diturunkan dari para leluhur merupakan sebuah budaya lokal yang sangat melekat dalam kehidupan bermasyarakat di Maluku.

Menu yang terdapat dalam acara makan patita merupakan menu tradisional daerah maluku seperti Ikan asar, Kohu-kohu, petatas rebus,singkong rebus dengan tambahan sayur mayur. makan patita dilakukan atau disajikan diatas daun pisang diatas meja panjang.

Makan patita memuat unsur-unsur kekeluargaan, siapa pun yang mengikuti proses makan patita merupakan suatu keluarga.
Oleh Pemerintah Maluku mulai giat melakukan acara makan patita, sehingga acara tersebut menjadi salah satu agenda pariwisata dari Provinsi Maluku. makan patita dulu sering dilakukan oleh masyarakat maluku seperti acara selesai bersih-bersih kampung,menjalin hubungan kekeluargaan antar kampung atau merayakan hubungan “Pela” antara kampung satu dengan kampung yang lain. sehingga dalam kehidupan bermasyarakat di Maluku makan patita merupakan suatu acara makan yang sangat istimewa selain melibatkan banyak orang untuk menyiapkan masakan, menghadirkan banyak orang untuk menyantap bersama-sama makanan yang disajikan. dalam acara makan patita tidak ada perbedaan bagi setiap orang yang hadir, kita semua adalah sama.

Sungguh makan patita merupakan suatu perayaan yang sangat kental dengan unsur kekeluargaan, semua permasalahan bisa diselesaikan di meja makan…dengan makan bersama kembali menguatkan kembali ikatan persaudaraan, menambah saudara baru…sungguh suatu budaya yang sangat dibutuhkan di masa kini, dimana mulai banyak muncul perpecahan dimasyarakat kita.

suatu bangsa akan tetap ada apabila masyarakatnya bersatu tanpa ada perpecahan….salam persatuan “safe NKRI, NKRI harga mati”