Lakukan Hal Ini Ketika Mual dan Muntah

Mual merupakan sensasi tidak nyaman pada perut bagian atas sehingga menimbulkan rasa ingin muntah. Sedangkan muntah adalah keluarnya isi lambung melalui mulut. Biasanya di picu oleh asam lambung yang tinggi, sedangkan tidak ada makanan yang masuk ke dalam perut itu biasanya terjadi pada anda ketika bangun tidur.

Lakukan Hal Ini Ketika Mual dan Muntah

Penyebab Mual dan Muntah adalah

  1. Mabuk kendaraan
  2. Hamil muda
  3. Makan berlebihan (kekenyangan)
  4. Penyakit kandung empedu, misalnya Batu Empedu
  5. Keracunan makanan
  6. Infeksi virus saluran cerna (diare)
  7. Reaksi terhadap bau tak sedap atau bau tertentu
  8. Serangan jantung
  9. Gegar otak atau cedera otak
  10. Tumor otak
  11. Kanker

cara mengatasi mual dan muntah secara umum tadalah dengan:

  1. Banyak Minum air putih secara bertahap jangan terburu-buru dalam waktu yang singkat.
  2. Menghindari makanan padat sampai episode muntah telah berlalu.
  3. Menghentikan semua obat-obatan (yang dapat mengiritasi lambung dan membuat muntah semakin memburuk). Tapi, jangan menghentikan obat apapun sebelum konsultasi dengan dokter.
  4. Jika terjadi muntah dan diare berlangsung lebih dari 24 jam, solusi rehidrasi oral seperti oralit harus digunakan untuk mencegah dan mengobati dehidrasi.
  5. Wanita hamil yang mengalami morning sickness bisa makan beberapa crackers sebelum turun dari tempat tidur atau makan camilan tinggi protein sebelum tidur (daging atau keju).
  6. Muntah yang berhubungan dengan pengobatan kanker (kemoterapi) sering dapat diobati dengan terapi obat jenis yang lain. Ada juga obat resep dan tanpa resep yang dapat digunakan untuk mengontrol muntah berhubungan dengan kehamilan dan mabuk perjalanan. Namun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan obat-obatan ini.

Ada beberapa makanan yang dapat meredakan mual antara lain:

Apel

Buah yang mempunyai aroma khas segar dan manis ini pula amat baik buat aromaterapi. Seratnya bakal meredakan rasa mual, namun janganlah makan secara berlebihan karena dapat  menambah muntah. Jikalau sedang ada masalah pencernaan seperti sembelit serta tiada salahnya kamu coba mengkonsumsi apel.

 

Pisang

Pisang mengandung potasium yang dapat meredakan diare dan mual-mual dikarenakan masalah pencernaan

 

Jahe

Jahe merupakan obat yang alami dan  amat mujarab buat meredakan rasa mual, sebab rasa hangat dan aromanya yang segar mampu meredakan rasa mual. Sebaiknya minum saat masih hangat dan tambahkan sedikit gula, sehingga terasa lega di tenggorokanmu, perut dapat lebih merasa nyaman dan hangat. Kamu serta dapat cepat mengunyahnya seandainya Kamu menyukai.

 

Daun Mint

Daun mint baik untuk meredakan rasa mual. Walaupun rasanya  tidak begitu enak, namun seandainya Kamu mencium atau menyeduhnya jadi teh merupakan trik yg paling baik buat meredakan mual.