Khasiat Temulawak

Khasiat Temulawak, Temu lawak (Curcuma xanthorrhiza) adalah tumbuhan obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Ia berasal dari Indonesia, khususnya Pulau Jawa, kemudian menyebar ke beberapa tempat di kawasan wilayah biogeografi Malesia. Rimpang temu lawak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik pada tanah yang gembur. Temulawak berbentuk akar dan rimpang (batangnya berada di bawah tanah) dan tumbuh di daerah dengan ketinggian 5 – 750 meter di atas permukaan laut. Tanaman ini sekilas memiliki bentuk serupa dengan kunyit, namun keduanya memiliki manfaat berbeda.

Khasiat Temulawak

Berikut kandungan zat utama pada temulawak dan manfaatnya:

Pati 48.18% – 59.64% , Protin 29.00% – 30.00%, Abu 5.26% – 7.07%, Serat 2.58% – 4.83% , Kurkumin 1.60% – 2.20%, Minyak asiri 6.00% – 10.00%, Phelandren, Kamfer Turmerol, Borneol, Sineal, dan  Xanthorrhizol

Khasiat temulawak untuk kesehatan

Temulawak diketahui memiliki banyak khasiat untuk bidang kesehatan, terutama untuk fungsi hati, ginjal dan jantung.

  1. Memelihara Fungsi Hati

Temulawak berfungsi untuk memproduksi empedu di dalam hati dan merangsang pengosongan pada kandung empedu. Temulawak juga mengurangi kerja enzim GOT alias glutamate oksaloasetat transaminase dan menurunkan kerja enzim GPT atau glutamate piruvat transaminase yang baik.

  1. Menambah nafsu makan

Efek minyak atsiri pada temulawak yang bersifat karminativum dapat menambah nafsu makan.

  1. Mengurangi radang sendi

Kandungan Kurkumin pada temulawak berperan sebagai anti radang yang jumlahnya setara dengan 100 mg fenilbutazon yang mampu mengurangi nyeri dan juga radang sendi.

  1. Menurunkan Lemak Darah

Fraksi kurkuminoid atau ekstrak temulawak memiliki khasiat kesehatan lain yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total. Khasiat temulawak menurunkan kolesterol atau lemak darah tentu saja juga berdampak baik untuk kesehatan jantung serta sistem kardiovaskuler dalam tubuh.

  1. Melancarkan ASI

Bagi ibu dalam masa menyusui, dianjurkan untuk mengonsumsi temulawak karena dapat meningkatkan serta melancarkan produksi ASI. Temulawak memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga berguna untuk mencegah terjadinya perubahan atau oksidasi nutrisi yang diperlukan untuk memproduksi ASI seperti protein dan asam lemak. Jika terjadi oksidasi nutrisi, maka produksi ASI pada ibu akan berkurang. Bukan itu saja, kualitas dari ASI juga dapat menurun.

Demikian Informasi Kesehatan Khasiat Temulawak