Khasiat Daun Kemangi

Khasiat Daun Kemangi, Pada saat kita memesan lalap daun kemangi selalu disajikan dalam lalap. Aromanya yng wangi dapat menambah kesegaran lari lalap. Kemangi dikenal dengan nama O. basilicum var. anisatum benth, kandungan sintral pada daunnya tinggi sehingga menimbulkan aroma nya yang khas.

Daun kemangi dikelompokkan dalam keluarga daun mint. Daun kemangi digunakan sebagai tanaman obat. Ekstrak minyak daun kemangi dikatakan memiliki sifat antioksidan dan antibakteri. Vitamin K – Harum kemangi yang segar, menawarkan dosis yang sehat dari pembekuan darah dengan adanya vitamin K. Setiap 2 sendok makan kemangi cincang segar menyediakan 27% dari rekomendasi vitamin K, serta vitamin A, mangan, dan magnesium.

Khasiat Daun Kemangi

Manfaat Daun Kemangi

  1. Mengontrol detak jantung dan tekanan darah

Daun kemangi mengandung sejumlah mineral seperti kalium, mangan, tembaga, dan magnesium. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh, yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co faktor untuk enzim antioksidan, superoksida dismutase.

  1. Manfaat Daun Kemangi Untuk mencegah adanya kemandulan

Ternyata daun kemangi memiliki kandungan zat arginin yang berfungsi untuk membuat daya hidup sperma semakin kuat, tentunya untuk mencegah kemandulan.

  1. Melindungi kulit dari radikal bebas

Ramuan daun kemangi juga mengandung zat penting yang sangat tinggi kadarnya, seperti beta karoten, vitamin A, cryptoxanthin, lutein dan zea xanthin. Senyawa ini membantu tubuh untuk bertindak melindungi terhadap radikal bebas yang diturunkan oksigen dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan dan berbagai proses penyakit.

  1. Pencegahan Rambut Rontok

Rambut rontok adalah masalah umum yang yang dapat terjadi karena gatal kulit kepala. Pasta dari daun kemangi yang ditambahkan ke minyak rambut dan diterapkan pada kulit kepala akan menjaga kulit kepala tetap dingin, mengurangi gatal dan meningkatkan pertumbuhan rambut dengan meningkatkan sirkulasi ke kulit kepala

  1. Membantu perkembangan tulang

Daun Kemangi juga dapat membantu perkembangan tulang kita, karena  manfaat daun kemangi memiliki kandungan fosfor dan kalium yang baik dalam pembentukan serta perkembangan tulang anda, dan daun ini dapat mencegah tulang keropos.

  1. Mengobati panu

Panu juga bisa disembukan dengan cara menghaluskan daun kemangi yang harus di cuci bersih, campurkan dengan sedikit kapur sirih dan oleskan pada bagian yang terkena panu.