Khasiat Daun Jarak

Khasiat Daun Jarak, Daun jarak dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tanaman jarak sudah menjadi rebutan para penjajah. Karena tanaman ini memiliki manfaat menyeluruh dari daun, buah sampai bijinya. Tumbuhan jarak mempunyai tinggi batang 2-3 meter. Batang bulat dan licin, berongga, berbuku-buku, tumbuh berseling dab memiliki daun yang runcing. Tanaman jarak memiliki kandungan senyawa penting seperti quercetin, kaempferol, astragalin, nicotiflorin dan lain sebagainya yang menyimpan fungsi baik bagi pengobatan penyakit. Berikut ini akan dibahas mengenai manfaat dari daun jarak antar lain:

Khasiat Daun Jarak

Mengobati kurap

Minyak jarak efektif mengobati kurap dan masalah kulit yang umum. Senyawa aktif yang disebut asam undesilenat ditemukan dalam minyak jarak, membantu mengobati kurap.

Mengobati Sariawan

Patahkan tangkai dari pohon jarak yang baru dipetik, akan ada sedikit getah yang keluar. Getah itulah yang langsung dioelskan di bibir yang sedang sariawan. Bila getah belum keluar, pencet sedikit di ujung tangkainya.

Mengobati koreng dan bekas luka

Gunakan minyak biji jarak yang asli dengan cara dipanaskan terlebih dahulu. Setelah itu celup dengan kapas dan oleskan pada bagian kulit yang sakit. Minyak biji jarak tidak boleh tertelan karena mengandung racun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

Memperlancar persalinan

Daun jarak menjadi alternatif saat bai sulit dilahirkan, untuk memperlancar gunakan daun jarak karena bisa memberikan kontraksi yang membuat bayi dapat keluar dengan mudah.

Mengobati perut yang kembung

Bila Anda mencret dan perutnya kembung akibat masuk angin, ambillah beberapa lembar daun jarak pagar yang tua. Kemudian disiangi di atas nyala api biar agak layu dan diolesi minyak kelapa, minyak telon atau kayu putih. Setelah itu ditempelkan pada bagian bawah perut dan pinggang. Biarkan beberapa jam, biasanya akan langsung terjadi pembuangan gas dan zat yang tidak berguna dari dalam perut.

Mengobati batuk

Ambillah akar pohon jarak secukupnya, kemudian dibersihkan dan direbus dengan air 7 gelas sampai mendidih dan tersisa 2 gelas. Air rebusan tersebut di minum pagi dan sore hari. Ulangi sampai 3 kali rebusan baru diganti akar yang baru.

Demikian Informasi Unik Khasiat Daun Jarak