Hewan Unik Tentang Bunglon

Hewn Unik Tentang Bunglon

Bunglon adalah jenis hewan yang langkah yang bisa dimana saja, Bunglon bisa berubah warna tubuhnya sesuai lingkungannya hanya ingin beradaptasi disekitarnya. Bunglon memiliki banyak marga yaitu Bronchocela, Calotes, Gonocephalus, Pseudocalotes,dll.dan ada banyak macam macam bunglon yaitu:

1.Bunglon surai memiliki nama ilmiah Bronchocela jubata Duméril & Bibron, 1837. Dalam bahasa lain, dikenal dengan nama bunglon (Jkt., Jw.), londok atau lunduk (Sd.), atau green crested lizards (Ingg.). Nama lainnya dalam bahasa Inggris cukup menyesatkan: bloodsuckers, karena pada kenyataannya kadal ini tidak pernah menghisap darah.

2.Bunglon kebun yang berukuran, Bunglon kebun yang berukuran sedang, berekor panjang menjuntai. Panjang total hingga 550 mm, dan empat-perlimanya adalah ekor. Gerigi di tengkuk dan punggungnya lebih menyerupai surai (“jubata” artinya bersurai) daripada bentuk mahkota, tidak seperti kerabat dekatnya B. cristatella (crista: jambul, mahkota). Gerigi ini terdiri dari banyak sisik yang pipih panjang meruncing namun lunak serupa kulit.

3.Bunglon yang kerap ditemukan biasanya disemak,sawah,dan dipohon-pohon peneduh dikebun dan pekarangan. Sering pula didapati terjatuh dari pohon atau perdu ketika mengejar mangsanya, namun dengan segera berlari menuju pohon terdekat.

4.reptil ini memangsa berbagai macam serangga yang dijumpainya: kupu-kupu, ngengat, capung, lalat dan lain-lain. Untuk menipu mangsanya, Bunglon ini kerap berdiam diri di pucuk pepohonan atau bergoyang-goyang pelan seolah tertiup angin. Sering juga Bunglon surai terlihat meniti kabel listrik dekat rumah, untuk menyeberang dari satu tempat ke tempat lain.

5. Bunglon surai bertulur ditanah yang gembur,berpasir atau berserasah. seperti umumnya anggoto suku Agamidae induk Bunglon mengalih tanah dengan mempergunakan moncongnya.kulit telurnya berwarna putih,lentur agakliat serupah berkembang.

Di saat Bunglon merasa terancam , Ia akan mengubah warna kulitnya menjadi serupa dengan warna lingkungan sekitarnya, sehingga keberadaannya tersamarkan. Fungsi penyamaran demikian disebut kamuflase. Hal ini berbeda dengan “mimikri”, yakni penyamaran bentuk atau warna hewan yang menyerupai makhluk hidup lain.

Bunglon memiliki mata yang paling khas dari setiap reptil.kelompok mata atas mereka bergabungan dengan hanya lubang jarum yang cukup besar sehingga pupil bisa dilihat. mereka dapat memutar dan fokus secara terpisah untuk mengamati dua objek yang berbedah secara bersama, yang memungkinkan mata mereka bergerak secara independen satu sama iain.

yang uniknya bunglon tidak memiliki telingga bagian luar atau tengah sehingga tidak ada lubang telingga dan gendang telingga.namun Bunglon tidak tuli. mereka bisa mendeteksi suara sejauh 200-600 HZ.

Inilah informasi tentang hewan unik tentang Bunglon, semoga mudah dipahami atau mudah dimengerti.