Hal Unik Tentang Gurita

Keunikan Gurita

Hal Unik Tentang Gurita

Gurita merupakan salah satu jenis hewan tanpa tulang belakang (invertebrata). Gurita termasuk juga hewan moluska dari kelas Cephalopoda (kaki hewan terletak di kepala), ordo Octopoda dengan terumbu karang di samudra sebagai habitat utama.

Hal unik tentang gurita

  • Memiliki 3 buah jantung
    Ternyata gurita memiliki 3 buah jantung yang 1 untuk memompa darah keseluruh tubuh 2 lainnya untuk memompa darah ke dalam masing-masing paru-paru.
  • Gurita hewan yang cerdas
    – Gurita sangat cerdas dan kemungkinan merupakan hewan paling cerdas di antara semua hewan invertebrata. Hasil percobaan mencari jalan di dalam maze dan memecahkan masalah menunjukkan bahwa gurita mempunyai ingatan jangka pendek dan ingatan jangka panjang.
    – Gurita mempunyai sistem saraf yang sangat kompleks dengan sebagian saja yang terlokalisir di bagian otak. Dua pertiga dari sel saraf terdapat pada tali saraf yang ada di kedelapan lengan gurita. Lengan gurita bisa melakukan berbagai jenis gerakan refleks yang rumit, dipicu oleh 3 tahapan sistem saraf yang berbeda-beda.
  • Sistem pertahanan diri
    Gurita biasanya memiliki tiga mekanisme pertahanan diri: kantong tinta, kamuflase dan memutuskan lengan.
  • Reproduksi
    Gurita jantan bereproduksi dengan meletakkan kantong spermatofora ke dalam rongga mantel gurita betina menggunakan lengan istimewa yang disebut hectocotylus. Lengan kanan ketiga biasanya menjadi hectocotylus. Pada beberapa spesies, gurita betina bisa menjaga sperma agar tetap hidup sampai telur menjadi matang. Setelah dibuahi, gurita betina bisa bertelur hingga sekitar 200.000 butir.
  • Alat indera
    – Gurita memiliki penglihatan yang baik. Pupil gurita berbentuk seperti lubang celengan sehingga dikuatirkan menderita kelainan refraksi berupa astigmat, tetapi ternyata tidak jadi masalah bagi gurita yang berburu dengan penerangan yang kurang. Mata gurita “bisa” membedakan polarisasi cahaya tetapi sepertinya buta warna. Dua organ khusus yang disebut statocyst yang terhubung dengan otak berfungsi sebagai alat pendeteksi posisi horizontal. Orientasi mata gurita dijaga oleh gerak otonomik (refleks) sehingga bukaan pupil selalu horizontal.
    – Gurita memiliki indra perasa yang luar biasa tajam. Alat hisap pada lengan gurita dilengkap dengan kemoreseptor sehingga gurita bisa merasakan benda yang disentuh. Lengan-lengan gurita memiliki sensor tekanan untuk mendeteksi lengan mana saja yang sedang dijulurkan, tetapi memiliki kemampuan proprioseptif (perasaan posisi dan pergerakan badan) yang sangat rendah.
  • Mobilitas
    Gurita bergerak dengan cara merangkak dan berenang. Gurita bisa bergerak cepat sekali sewaktu sedang lapar atau sewaktu dalam bahaya.
  • Gurita terkecil di dunia
    Tercatat gurita terkecil di dunia adalah jenis octopus wolfi, yang memiliki panjang hanya 2.5 cm dan beratnya cuma 1 gram.
  • Hewan soliter
    Gurita termasuk hewan penyendiri, hanya ketika ingin berkembang biak mereka akan mencari pasangan.

You May Also Like