Fakta Unik Tentang Negara Malaysia

Fakta Unik Tentang Negara Malaysia

Siapa yang tidak kenal dengan nama negara malaysia yang memiliki menara pertonas yang sangat tinggi dan sangat bagus dan siapa sangka pemerintahannya dipinpin oleh perdana mentri, dan nagara malaysia juga memiliki banyak fakta menarik dan menakjubkan. berikut ini lah fakta tentang negara malaysia:

1. Terpisah menjadi dua wilayah yang berbeda
Negara tetangga kita ini memiliki dua wilayah yang berbeda. Sebagian besar wilayah Malaysia terletak di Semenanjung Malaysia dan sebagian besar lagi menyatu dengan negara Indonesia, tepatnya di Pulau Kalimantan.

2. Negara monarki
Pada dasarnya, Malaysia adalah negara berbentuk monarki konstitusional federal yang terdiri dari 13 wilayah negara bagian dan 3 wilayah federal. Adapun 13 wilayah negara bagian di Malaysia antara lain Johor, Kedah, Kelantan, Melaka, Negeri Sembilan, Pahang, Perak, Perlis, Selangor, Pulau Pinang dan Terengganu. Sedangkan 3 wilayah federal atau wilayah persekutuannya yaitu
Kuala Lumpur, Putrajaya, dan Labuan yang terletak di Borneo atau Pulau Kalimantan.

3. Mayoritas Penduduknya Islam
Sama halnya seperti Indonesia, Bangsa Malaysia, begitu sebutan bagi penduduk Malaysia, menganut agama Islam sebagian besarnya.

4. Negara jajahan Inggris
Sebelum dideklarasikan sebagai negara bernama Malaysia, daerah di semenanjung Malaya ini telah disinggahi dan dijajah oleh Inggris atau Britania. Sejak tahun 1786, Britania Raya mulai melancarkan aksinya melalui penyewaan pulau Penang untuk Perusahaan Hindia Timur Britania. Hingga pada tahun 1824, tersusunlah Traktat London atau Perjanjian Britania-Belanda yang menyepakati bahwa Malaya adalah milik Britania, dan Indonesia adalah milik Belanda.

5. Lagu Nasional
Lagu Nasional Malaysia yang berjudul Negaraku, adalah saudran dari lagu Perancis berjudu’ La Rosalie. Adapun melodi dan nada lagu Negaraku diadaptasi dari lagu I Shall Return karya Anne Shelton.

6. Gelar “Tun”
Tun, adalah gelar tertinggi di negeri jiran Malaysia. Gelar Tun hanya boleh diberikan oleh Yang Di-Pertuan Agung atau setaraf dengan Lord di United Kingdom. Penerima gelar ini tidak lebih dari 25 orang saja! Hanya warga Malaysia yang dapat menerima gelar ini. Kebanyakan, penerima gelar ini adalah orang – orang yang pernah memimpin negara dan banyak sekali berjasa kepada negara, misalnya Perdana Menteri.

7. Bahasa
Selain menggunakan bahasa Melayu, umumnya masyarakat Malaysia fasih berbahasa Inggris. Bahkan, kadang mereka mencampurkan keduanya.

8. Sistem Pemerintahan
Malaysia mengantut sistem legislative bicameral, adopsi dari sistem demokrasi parlementer. Kepala negaranya bukanlah presiden, melainkan seorang raja atau disebut Yang Di-Pertuan Agong. Meski begitu, prosesnya sama yaitu berganti setiap lima tahun sekali. Kepala pemerintahannya (setaraf dengan gubernur), disebut dengan Perdana Menteri.

9. Kesultanan Tertua di Dunia
Kesultanan Kedah adalah kesultanan awal di Semenanjung Malaya yang merupakan kesultanan tertua di dunia. Didirikan tahun 1136, kesultanan yang tadinya berkaitan dengan dinasti Hindu pun berubah menjadi kesultanan Islam.

10. Tingkat Kematian Terendah di Dunia
Malaysia adalah salah satu negara dengan tingkat kematian terendah di dunia dalam hal penyakit pernafasan, yaitu 7,5 kematian per 100.000 orang.

11. Gua Bawah Tanah Terbesar di Dunia
Malaysia memiliki gua bawah tanah yang terbesar di dunia. Gua bawah tanah tersebut bernama Sarawak Chamber. Sarawak Chamber terletak di Malaysia bagian pulau Kalimantan, tepatnya di Gunung Mulu National Park.

12. Bunga Rafflesia
Bunga langka Raflessia Arnoldi tidak hanya dapat ditemukan di Indonesia. Bunga ini dapat pula ditemui di daerah Sabah, Malaysia.

13. Memiliki situs Warisan Dunia UNESCO
Gunung Kinabalu di negara bagian Sabah, adalah gunung tertinggi di Malaysia yang menjadi lokasi dari salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO, yaitu Taman Nasional Kinabalu.

14. Hotel Murah di Ibukota
Kuala Lumpur memang kota yang padat dan produktif karena ialah ibu kota dari negeri jiran Malaysia ini. Namun, di Kuala Lumpur banyak sekali hotel murah dengan tariof kurang dari Rp. 200.000,-/malamnya. Cocok bagi anda yang gemar traveling.

15. Grup Etnis Sabah dan Serawak
Daerah Sabah dan Serawak, memiliki kurang lebih 60 grup etnis yang berbeda. Perbedaan budaya ini tak menjadikan lingkungannya berpecah belah.

16. Negara Bagian Kelantan
Wilayah Kelantan, dalam dokumen Cina kuno pada abad ke -6 tertulis dengan nama “Ho Lan Tan”, “Tan Tan” atau “Chih Tu”. Kelantan sempat menjadi wilayah dengan jumlah pengungsi banjir terbanyak pada tahun 1982, yaitu mencapai 33.000 orang.

17. Luas Perairan yang Kecil
Malaysia tak memiliki banyak lautan dan wilayah perairan seperti Indonesia. Perbandingan antara perairan dengan daratannyaa hanya 3 : 10000.

18. Nasi Kandar
Nasi Kandar merupakan makanan terfavorit di Malaysia. Asal makanan nasi Kandar ini adalah dari wilayah Pulau Pinang, Malaysia. Perpaduan masakan Melayu dengan India atau Timur Tengah ini cukup unik. Nasi dimakan dengan berbagai macam olahan kari yang tentunya sangat sedap bila dikonsumsi.

19. Alocasia Macrorrizha
Jenis tumbuhan Alocasia Macrorrizha adalah tanaman dengan daun tunggal terbesar di dunia. Tanaman ini dapat dijumpai di Sabah, Malaysia. Daun terbesar yang pernah ditemukan adalah daun dengan panjang 3,02 meter dan lebar 1,92 meter.

20. Menara Kuala Lumpur
Menara Kuala Lumpur memiliki tinggi 421 meter. Menara ini termasuk sebagai menaara tertinggi keempat di dunia dan tertinggi di wilayah Asia Tenggara.

21. Jembatan Penang
Jembatan Penang yang gagah ini, ternyata termasuk ke dalam jembatan terpanjang ketiga di wilayah Asia. Jembatan Penang memiliki panjang 13,7 meter.

22. Uang Ringgit
Mata uang Malaysia, yaitu Ringgit, memiliki arti “bergerigi” dalam bahasa Malaysia. Filosofi kata tersebut adalah mata uang perak dari Spanyol yang pernah beredar di daerah Malaysia, dimana mata uang Spanyol tersebut memiliki gerigi pada pinggir uangnya.

23. Menara Petronas
Menara Petronas atau Menara Kembar Petronas adalah menara tertinggi di dunia periode 1998 hingga tahun 2004. Pada tahun 2004, Menara Kembar Petronas tidak lagi meraih rekor tertinggi di dunia karena dikalahkan oleh Taipei 101.

24. Hari Kemerdekaan
Hari kemerdekaan Malaysia jatuh pada tanggal 31 Agustus. Penduduk Malaysia sangat bersuka cita atas hari libur yang jatuh pada Hari Kemerdekaan Malaysia ini. Mereka bersama – sama merayakan kemerdekaan Malaysia dari jajahan Inggris dengan upacara.

25. Negara dengan Hukum Cambuk

Cambuk rotan adalah hukuman utama dari undang – undang Malaysia. Jumlah cambukan rotan paling banyak adalah 24 kali. Hukuman cambuk seperti ini resmi dilakukan, kecuali bagi wanita dan anak – anak.

Nah, seru bukan dengan cerita tentang malaysia yang memiliki banyak fakta yang menakjubkan, hampir semua orang indonesia setiap liburan sekolah atau liburan keluarga pasti akan fdatang yang namanya negara malaysia karena negara malaysia sangat pemandangan,dan tempat barmainnya. Semoga menikmati liburannya dengan keluarga anda.