Fakta Tentang Kutu Rambut

kutu rambut

Kutu rambut atau Pediculus humanus capitis memang sesuatu yang sangat menjengkelkan karena dapat membuat gatal dan mengganggu sekali. Banyak cara dilakukan seseorang ketika mendapati di rambutnya sudah menjadi ‘rumah’ bagi kutu rambut, mulai dari menggunakan obat-obatan tradisional, memakai bahan kimia sampai dengan menggunduli rambutnya.

Untuk itu, sebelum melakukan pencegahan, ada baiknya bagi kamu untuk mengetahui fakta dan segala informasi terkait kutu rambut tersebut.

1. Kutu rambut selalu menyerang dan menyebar ketika musim semi dan panas. Ketika suhu sekitar menghangat atau panas, maka saat itulah kutu rambut akan melakukan ekspansi dan bereproduksi. Suhu yang mereka sukai adalah sekitar 32 derajat Celcius.

2. Kutu rambut memiliki kemampuan menyebar dengan sangat cepat seperti halnya kutu busuk yang bersembunyi di serat kain. Selain mampu menyebar dengan cepat, kutu rambut juga dapat ‘menggandakan dirinya’ alias bereproduksi dalam waktu yang singkat.

3. Perlu kamu ketahui bahwa, usia dari kutu rambut sangatlah singkat, yaitu hanya 3-4 minggu saja, yang mana dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu fase telur, fase dewasa dan fase dewasa bereproduksi.

4. Rata-rata telur dari kutu rambut akan ditempelkan pada bagian bawah atau akar rambut. Telurnya tersebut memiliki ukuran sekitar 1 mm dan setiap kutu rambut betina mampu bertelur sekitar 24-48 jam setelah terjadi pembuahan oleh sang jantan. Dalam sehari, kutu rambut betina mampu bertelur 2, 4 sampai 5 kali dan totalnya adalah sekitar 70 telur dalam seminggu.

5. Setelah menetas, yang keluar dari telur akan berupa larva dalam ukuran yang sangat kecil. Setelah itu, larva tersebut akan memperoleh makanan dengan cara menghisap darah melalui lubang kecil pada bagian kepala seseorang.

6. Kutu rambut mampu ‘menginvasi’ dan berada di rambut orang lain melalui sisir atau apapun yang digunakan di kepala, seperti topi dan sejenisnya. Kutu rambut tidak dapat terbang atau juga meloncat seperti serangga pada umumnya. Setelah berada di kepala seseorang, maka dengan cepat reseptor dalam tubuhnya akan menyesuaikan warna tubuhnya dengan warna kulit kepala orang yang bersangkutan agar memudahkannya untuk bersembunyi.

7. Kutu rambut hanya mampu hidup dan menyebar di rambut manusia saja dan tidak dapat menular atau tinggal di bulu hewan.

8. Gejala pertama jika Anda terserang kutu rambut adalah munculnya rasa gatal pada bagian kepala, khususnya di bagian leher dan belakang telinga. Hal ini merupakan reaksi alami tubuh atas air liur yang dikeluarkan oleh kutu tersebut.

Tidak ada upaya pencegahan yang sangat efektif untuk kutu rambut ini. Jika kamu sudah terkena serangannya, maka upaya yang wajib dilakukan adalah membunuh dan menutup ruang gerak serta ruang produksinya dengan cara perawatan rambut secara benar.