Fakta Menarik Tentang Lebah Madu

Fakta Menarik tentang Lebah Madu

Lebah Madu merupakan serangga yang dikenal mampu memproduksi dan menyimpan Madu dalam sarang koloni mereka. Sebuah koloni lebah madu dapat terdiri dari sekitar 20.000 – 60.000 ekor lebah madu serta lebah ratu.

Fakta Menarik tentang Lebah Madu:

1. Lebah Madu, yang telah hadir selama sekitar 30 juta tahun, adalah satu-satunya serangga yang memproduksi makanan yang dikonsumsi manusia.

2. Lebah Madu pekerja, yang semuanya betina, memiliki rentang hidup rata-rata 6 – 8 minggu. Semua pekerjaan dalam koloni dilakukan oleh para lebah betina.

3. Otak lebah Madu pekerja, yang berukuran hanya 1 mm kubik, memiliki jaringan neuropile terpadat di antara spesies hewan.

4. Lebah Madu jantan tidak memiliki sengat. Mereka tidak turut serta dalam pekerjaan di koloni, melainkan hanya kawin.

5. Masa hidup lebah ratu berkisar 2 – 3 tahun dan semata dihabiskan untuk kawin dan bertelur. Lebah ratu bisa bertelur hingga 2.500 butir sehari.

6. Ratu lebah adalah satu-satunya betina yang berkembang secara seksual dalam koloni lebah, suatu karakteristik unik yang sering dikaitkan dengan diet khusus ratu lebah yaitu royal jelly.

7. Royal jelly adalah substansi mirip susu yang terbuat dari serbuk sari yang dicerna dan madu, dicampur dengan bahan kimia yang disekresikan dari kelenjar di kepala lebah perawat.

8. Lebah Madu menghasilkan lilin dari kelenjar yang terletak di bawah perut mereka. Lilin ini digunakan oleh lebah untuk membangun tempat Madu. Manusia juga menggunakan lilin lebah untuk mempersiapkan obat-obatan, memoles furnitur, dll.

9. Untuk menghasilkan 500 gram lilin, lebah Madu harus mengkonsumsi sekitar 8 sampai 10 kg Madu.

10. Hanya lebah pekerja yang memiliki sengat yang digunakan hanya ketika mereka terancam. Lebah Madu hanya dapat menggunakan sengatnya sekali karena setelah itu akan mati. Sekitar 1.100 sengatan lebah madu diperlukan untuk membuat serangan fatal bagi manusia.

11. Ratu lebah juga memiliki sengat, tapi umumnya tidak pernah menggunakannya karena praktis tidak pernah meninggalkan sarang.

12. Terlepas dari suhu di luar, lebah Madu mampu mempertahankan suhu sarang sekitar 33°C.

13. Seekor lebah Madu mampu mengepakkan sayap dengan kecepatan hingga 11.400 kali per menit. Kepakan sayap ini lantas menghasilkan bunyi dengung lebah seperti yang kita kenal.

14. Seekor lebah Madu dapat terbang dengan kecepatan 23 km/jam. Lebah juga dikenal mampu menjelajah sejauh 10 km untuk mengumpulkan nektar dari bunga.

15. Sebuah koloni tunggal lebah Madu mengumpulkan sekitar 33 kg serbuk sari setiap tahun. Sedangkan seekor lebah Madu mengumpulkan rata-rata 0,81 gram madu dalam hidupnya.

16. Saat mengumpulkan nektar, lebah Madu mengunjungi sekitar 50 sampai 100 bunga setiap hari. Hal ini berarti dibutuhkan sekitar 556 lebah pekerja untuk mengunjungi sekitar 2 juta bunga untuk mengumpulkan 0,5 kg madu.

17. Sebagai salah satu makanan alami yang paling murni dan bergizi, bee pollen mengandung protein, gula, karbohidrat, enzim, mineral, dan vitamin A, B1, B2, B3, B5, CH serta R.

18. Perbedaan rasa dan warna Madu tergantung pada sumber nektar.

19. Mikroba tidak dapat hidup dalam Madu sehingga membuat madu digunakan sebagai obat, terutama untuk luka. Royal jelly juga lazim digunakan sebagai suplemen makanan serta penguat kesuburan.

20. Meskipun herbivora, beberapa spesies lebah Madu dikenal mengkanibal spesies mereka sendiri terutama saat merasa terancam.

21. Terdapat racun dalam sengatan lebah Madu yang bisa memicu nyeri. Beberapa orang diketahui alergi terhadap sengatan lebah madu sehingga bisa memicu reaksi parah.

22. Terapi sengatan lebah sering digunakan untuk menyembuhkan berbagai masalah seperti arthritis dan neuralgia.

Demikian dari fakta menarik tentang Lebah Madu,dan Lebah Madu ini salah satu manfaat yang sangat berguna bagi tubuh kita, semoga bermanfaat bagi keluarga anda.