Energi Panel Surya

energi panel surya

Energi Panel Surya
Energi Panel Surya – Panel Surya adalah alat yang terdiri dari sel surya yang mengubah “cahaya” menjadi “listrik”. Panel surya juga sangat ramah lingkungan karena penggunaannya tidak menghasilkan limbah atau polusi seperti energi listrik yang mengunakan fosil sebagai bahan bakarnya, sehingga tidak berlebihan jika kemudian dikatakan bahwa panel suryanya ini merupakan energi yang terbarukan untuk dikembangkan.
Berdasarkan catatan sejarah, teknologi panel surya sudah ada di abad ke-18, tepatnya pada tahun 1839 oleh seorang ahli fisika asal Perancis bernama Alexander Edmund Becquarel kemudian pada tahun 1876, oleh William Grylls Adam dan Richards Evans Day Memperkuat penelitian dari Alexander Edmund Becquarel. Pada tahun 1904, Albert Einstein pernah juga meneliti mengenai solar cell / panel surya, barulah pada tahun 1941 peneliti bernama Russel ohl berhasil mengembangkan teknologo panel surya sekaligus mematenkan produknya tersebut.
Cara kerja Panel Surya :
1. Panel Surya menghasilkan listrik dengan menggunakan solusi Photovoltaik
2. Listrik yang dihasilkan dapat digunakan secara langsung (VDC sistem), sperti untuk lampu,pompa,radio, dan lain sebagainya
3. dengan menggunakan inverter, listrik dapat digunakan untuk juga perlatan rumah tangga seperti lemari pendingin, televisi, AC dan lain sebagainya
4. gunakan baterai jika membutuhkan sistem panel surya bertahan hingga 24 jam.


Aplikasi dari listrik dari Panel Surya :
1. Pemakaian listrik rumah tangga
2. Kendaraan listrik
3. Pembangkit Listrik Tenaga Surya ( PLTS )
Sekarang ini biaya pemasangan dari energi di indonesia dirasa masih sangat mahal untuk pengadaan alat serta perangkatnya. tapi harus kita ketahui kita akan terus membayar listrik seumur hidup kita, dengan menggunakan energi panel surya kita tidak perlu membayar listrik sampai 20 tahun kedepan dan juga biaya pemeliharaannya juga sangat rendah, dampak pemakaian energi panel surya sangat ramah dengan lingkungan hidup.
Masih ada waktu ada waktu hingga saat bahan bakar fosil akan habis, oleh karena itu kita beralih kepada enrgi yang tidak perbah akan habis yaitu Sinar Matahari. Pemerintah berbagai negara mendukung pengembangan energi ini. dengan cara seperti ini kita memberikan kontribusi untuk anak cucu kita di masa depan.