Efek Buruk Mengkonsumsi Kunyit

Efek Buruk Mengkonsumsi Kunyit, Hampir semua orang sudah kenal dengan kunyit, salah satu jenis rimpang yang sering dijadikan bumbu masakan terutama di Indonesia. Kunyit menpunyai ciri utama adalah pemberi warna kuning pada masakan. Selain sebagai bumbu masakan, kunyit juga terkenal di berbagai negara sebagai salah satu tanaman obat herbal yang memiliki banyak khasiat. Bahkan kunyit sudah banyak diproduksi untuk dijadikan sebagai bahan membuat jamu tradisional atau obat-obatan herbal.

Efek Buruk Mengkonsumsi Kunyit

Apakah ada efek penggunaan kunyit jika dikonsumsi secara berlebihan?  Tentu saja. Karena di ketahui efeknya dapat berpengaruh pada lambung, dan rahim ibu hamil, sehingga kita dapat waspada untuk menggunakannya secara tepat agar dapat bermanfaat bagi kesehatan.

  1. Penyakit lambung

Kunyit dapat menjadi obat herbal untuk penyakit lambung akan tetapi jika pada penggunaannya salah atau konsumsinya terlalu berlebihan, maka justru malah menyakiti lambung. Hal itu lantaran sifat pedas yang dimilikinya, maka mengonsumsi kunyit dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan gangguan lambung.

 

  1. Gangguan pada janin ibu hamil

Tanaman obat ini sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para ibu hamil, baik dalam jumlah banyak ataupun hanya sedikit. Hal ini dikarenakan, kunyit dapat membuat ibu hamil mengalami kontraksi dengan cepat dan kunyit juga dapat menyebabkan keguguran bagi yang sedang hamil muda. Untuk itu, sangat tidak dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi berbagai jenis produk atau jamu yang memiliki kandungan kunyit.

 

  1. Terjadinya pendarahan

Kunyit diketahui menghambat penggumpalan trombosit sehingga dapat mencegah penggumpalan darah. Akan tetapi kunyit ternyata juga dapat memicu perdarahan jika digunakan secara berlebihan. Terutama bagi pengguna obat antikoagulan jangan sesekali mengkonsumsi kunyit.

 

  1. Menurunkan efek kemoterapi

Penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit mungkin memiliki efek terhadap kemoterapi, sehingga sebaiknya jangan menggunakan suplemen kunyit saat sedang menjalani kemoterapi.

Efek dari penggunaan kunyit bagi kesehatan ini sangat perlu Anda ketahui, agar dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Ingat, konsumsi kunyit jangan sampai berlebihan. Gunakan dosis yang tepat, agar usaha penyembuhan yang Anda lakukan benar-benar optimal dan memberi hasil yang baik.

Demikian Informasi Unik Efek Buruk Mengkonsumsi Kunyit