Efek Buruk Mengkonsumsi Jahe

Efek Buruk Mengkonsumsi Jahe,

Minuman jahe atau yang lebih terkenal dengan nama wedang jahe, adalah minuman panas tradisional yang dikonsumsi untuk menghangatkan badan. Jahe, seperti yang kita semua ketahui, dikenal sifat obat dan penyembuhannya. Minuman yang terbuat dari jahe, yang digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Efek Buruk Mengkonsumsi Jahe

Namun dibalik dari khasiatnya, ternyata tanaman ini juga dapat menimbulkan efek samping yang dapat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini dikarenakan, rimpang ini memiliki kandungan zat racun yang sangat berefek buruk bagi kesehatan dan walaupun sifat racunnya tidak reaktif tetapi kita harus tetap waspada dan berhati-hati dalam mengkonsumsi jahe.

Berikut ini adalah beberapa efek yang ditimbulkan oleh jahe :

  • Iritasi Mulut

Jika ingin mengkonsumsi jahe sebaiknya tidaklah lebih dari 5 gram setiap harinya. Lebih dari 5 gram itu tandanya sudah termasuk dosis yang tinggi sehingga akan meningkatkan bahaya dari jahe itu sendiri. Iritasi dapat terjadi pada bagian mulut. Sifatnya yang pedas dan panasnya dapat menimbulkan iritasi.

  • Resiko Pendarahan

Faktor penyebab terjadinya perdarahan tersebut dapat disebabkan oleh karena rimpang jahe dapat menyebabkan terjadinya penghambatan enzim COXˉ¹ dan COXˉ² yang berperan utama dalam menyebabkan terjadinya perdarahan dan zat enzim ini sering ditemukan di dalam lambung. Selain itu, bahaya mengkonsumsi jahe secara berlebihan juga dapat menyebabkan terjadinya perdarahan internal, biasanya sering terjadi di dalam saluran pencernaan.

  • Mengkonsumsi Minuman Jahe Selama Kehamilan dan Menyusui

Jahe dapat menjadi zat yang merupakan racun bagi anak yang belum lahir. Namun, beberapa praktisi medis meresepkan minuman jahe sebagai obat untuk morning sickness. Masalah ini masih bisa diperdebatkan, tetapi yang terbaik yang dapat kita lakukan adalah untuk tidak mengambil resiko. Jika Anda menyidam, Andadapat berkonsultasi dengan dokter Anda terlebih dahulu.

  • Jangan Dikombinasikan Dengan Obat-obatan

Jahe juga sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik atau sedang menjalankan pengobatan dengan mengkonsumsi obat-obatan seperti obat pengencer darah terlalu sering. Sebaiknya mereka mengkonsumsi rimpang ini maksimal sebanyak 4 gram dalam sehari, namun jika dikonsumsi lebih dari itu ditakutkan dapat dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan yang lebih parah lagi. Hal yang perlu diwaspadai adalah  jangan pernah mengkonsumsi rimpang jahe ini bersamaan dengan mengkonsumsi obat-obatan lain seperti jenis obat antiinflamasi nonsteroid.

  • Minum Jahe dan Sakit Batu Empedu
    Produksi Cairan empedu dapat memiliki efek buruk pada orang yang terkena sakit batu empedu. Jahe meningkatkan produksi cairan empedu, dan secara tidak langsung memberikan kontribusi untuk rasa sakit yang disebabkan.

Demikian Informasi Unik Efek Buruk Mengkonsumsi Jahe