Efek Buruk Bawang Putih

Efek Buruk Bawang Putih, Bawang putih merupakan salah satu dari rempah rempah yang paling banyak di gunakan sebagai bumbu masakan. Rasanya yang khas menjadi bumbu yang wajib untuk setiap masakan citarasa Indonesia. Bukan hanya untuk bumbu setiap masakan, namun juga bermanfaat di bidang kesehatan dan pengobatan.

Efek Buruk Bawang Putih

Meskipun dianggap sangat bermanfaat, namun penggunaan bawang putih mentah juga bisa menimbulkan bahaya bagi tubuh. Berikut ini beberapa diantara bahaya bawang putih :

  1. Memicu rasa panas di mulut

Saat anda memakan bawang putih mentah, tentu saja rasa panas akan segera menjalar di mulut anda. Senyawa allicin yang baru saja keluar melalui kunyahan bawang putih memicu efek panas terbakar di mulut anda.

  1. Bau mulut lebih menyengat

Setelah memakan bawang putih maka bau mulut anda akan menjadi menyengat seketika itu juga. Senyawa allicin pada bawang putih mengandung aroma sulfur.

  1. Bau keringat menyengat

Senyawa allicin yang ada di dalam bawang putih, ketika pecah bukan hanya akan memberikan aroma pada mulut saja. Namun juga pada keringat yang anda hasilkan.

  1. Memacu reaksi alergi

Bagi yang alergi dengan bawang putih meskipun hanya sedikit saja dikonsumsi, efek alergi tetap muncul. Biasanya di tandai dengan ruam di kulit yang menyebabkan gatal-gatal yang berlebih lalu muncul kemerahan. Bukan hanya itu, terjadi pula pembengkakan dan peradangan di sekitar mulut dan wajah.

  1. Gangguan Pernapasan

Bahaya bawang putih mentah yang dikonsumsi  ataupun dari suplemen dapat mengakibatkan gangguan pernapasan akibat alergi terhadap bawang putih.

  1. Tidak dianjurkan untuk makan bawang putih sebelum operasi

Kandungan pada bawang putih mampu meningkatkan pendarahan. Jika anda memakan bawang putih ini sebelum operasi, yang terjadi adalah darah anda akan keluar lebih banyak. Bahkan mampu membuat tubuh anda menjadi drop.

  1. Efek samping jika konsumsinya dengan beberapa obat

Beberapa obat akan sangat bereaksi jika pengkonsumsinya di lakukan bersama dengan obat. Beberapa yang mungkin bereaksi adalah :

  • Isoniazid
  • pil control untuk kehamilan
  • obat pengencer darah
  • obat untuk penderita HIV atau AIDS
  • obat anti radang
  • nonsteroidal anti inflammatory drug

Demikian Informasi Unik Efek Buruk Bawang Putih