Dampak kurang tidur bagi kesehatan

Dampak kurang tidur bagi kesehatan

Dampak kurang tidur bagi kesehatan

Tidur merupakan aktifitas manusia yang sangat penting bagi manusia, dengan tidur kita memberikan kesempatan untuk tubuh untuk meregenerasikan atau tubuh akan melakukan perbaikan terhadap jaringan-jaringan sel yang rusak selama kita beraktifitas. Dengan tidur kita otak akan melakukan pemulihan sehingga disaat kita bangun dari tidur tubih kita kembali berenergi dan siap menjalankan kembali segala aktifitas.

Setiap manusia memerlukan waktu setidak nya 7-8 jam sehari, apabila kita tidur kurang dari jam tadi berarti kita sudah mengurangi jam tidur kita. Tahukah kita bahwa dengan mengurangi jam tidur kita ternyata sangat berpengaruh pada kesehatan, bahkan dengan kurangnya kita tidur bisa berakibat pada kematian. Untuk marilah kita mengetahui hal-hal apa yang terjadi apabila kita ternyata kurang tidur :
1. Mudah Lupa
Apabila kita kurang tidur dapat menghambat fungsi Kognitif dan membuat otak tidak bekerja maksimal, sehingga kurang tidur membuat anda tidak bisa konsentrasi dan mengingat sesuatu yang telah anda pelajari.
2. Obesitas
Pada saat kita kurang tidur membuat kita mudah lelah, akibatnya saat lelah tersebut kita tidak bisa untuk menjaga pola makan kita. Kurang tidur menyebabkan meningkatnya rasa lapar pada jam-jam yang tidak teratur, karena tubuh mulai menuntut lebih banyak makanan dari apa yang dibutuhkan, sehingga akan menyebabkan kenaikan berat badan.
3. Penyakit Jantung
Para peneliti di West Virginia University School of Medicine meninjau ulang data dari 30.397 orang yang berpartisipasi dalam studi yang dilakukan oleh National Health Interview pada tahun 2005. Berdasarkan tinjauan tersebut, diketahui bahwa orang yang memiliki jam tidur kurang dari 7 jam setiap malam berisiko terhadap penyakit jantung.
4. Diabetes
Apabila kita mengalami kurang tidur ternyata berpengaruh pada tubuh untuk mencerna glukosa, ini mengakibatkan kelebihan gula dalam darah yang pada akhir munculnya Diabetes
5. Kematian
Ternyata orang-orang di bawah usia 45 tahun yang tidak memiliki jam tidur yang cukup setiap malamnya memiliki risiko kematian dua kali lipat dibandingkan orang yang memiliki jam tidur yang cukup. Hal ini terjadi karena banyaknya efek buruk kurangnya jam tidur malam terhadap kesehatan seseorang.
Dalam sebuah penelitian oleh para peneliti di Copenhagen University apabila kita kurang tidur ada hubungan dengan resiko kematian.

Sungguh sesuatu yang mengejutkan buat kita yang sering begadang atau mempunyai waktu tidur atau istirahat yang sedikit. ternyata kurang tidur membuat tubuh kita tidak bisa untuk melakukan perbaikan yang biasa di lakukan oleh tubuh kita. dengan minimal tidur 7 jam sehari kita sudah bisa menjaga tubuh selalu sehat.