Cara Mengatasi Vertigo (Sakit Kepala Berputar)

Cara Mengatasi Vertigo (Sakit Kepala Berputar), Penyakit Vertigo merupakan keadaan dimana seseorang merasa dirinya atau ruangan disekitarnya seolah berputar. Perasaan ini disebabkan oleh virus, penurunan aliran darah ke otak, trauma kepala, iskemi sementara karena obat-obatan dan alkohol, migrain, dan beberapa kasus epilepsi.

Cara Mengatasi Vertigo (Sakit Kepala Berputar)

Gejala Penyakit Vertigo

Gejala yang muncul adalah saat kita terbangun, berdiri, dan memutarkan kepala seolah-olah seluruh ruangan bergerak atau memutar yang mengakibatkan penderitanya menjadi mual, pusing dan kehilangan keseimbangan secara tiba-tiba. Cara mengurangi rasa pusing yang terjadi adalah pusatkan pikiran, tarik napas dalam-dalam pada saat pagi hari. Dengan cara demikian dapat mengurangi rasa pusing.

Cara Mengatasi Vertigo (Sakit Kepala Berputar)

Penyebab Penyakit Vertigo

Penyebabnya dapat dipengaruhi oleh beberapa hal sebagai berikut:

  1. Gangguan Penglihatan

Gangguan penglihatan dapat mengakibatkan vertigo disebabkan karena mata dapat mempengaruhi keseimbangan jika terjadi gangguan maka keseimbangan akan terganggu yang mengakibatkan dapat terjadinya penyakit Vertigo

  1. Gangguan Sistem Syaraf Pusat

Gangguan sistem syaraf pusat terjadi karena beberapa penyakit berikut seperti multiple sclerosis, kerusakan leher, tumor atau stroke.

  1. Posisi Tidur Bantal yang digunakan terlalu tinggi atau terlalu rendah. Disarankan agar saat bangun tidur tidak langsung berdiri karena dapat juga menyebabkan vertigo.
  2. Faktor Lain Pengaruh alcohol, terhirup bahan kimia, ruangan yang terlalu panas maupun ruangan yang terlalu sempit dan tertutup.

Mengatasi Penyakit Vertigo

  1. Menghindari gerakan secara tiba-tiba
  2. Segera duduk jika mulai merasakan kepala berputar
  3. Disarankan tidak tidur terlentang karena akan mempengaruhi kepala semakin berputar
  4. Gerakkan kepala secara berlahan
  5. Kenali hal yang dapat memicu Vertigo pada diri Anda lakukan latihan yang dapat memicu Vertigo kembali. Otak kita akan terbiasa sehingga dapat menurunkan frekuensi Vertigo muncul.
  6. Batasi mengkonsumsi garam
  7. Tidak membersihkan telinga secara sembarangan, dikarenakan banyaknya saraf di bagian dalam telinga. Jika benda asing masuk ke dalam telinga dapat merusak saraf dan memicu timbulnya penyakit Vertigo
  8. Olahraga secara teratur di pagi hari sehingga peredaran darah menjadi lancar dan menurunkan resiko penyakit Vertigo muncul
  9. Minum air mineral yang cukup.

You May Also Like