Cara mengatasi Asam Lambung tinggi

Cara mengatasi Asam Lambung tinggi

Cara mengatasi Asam Lambung tinggi

Pernahkah anda merasa nyeri pada ulu hati itu disebabkan naiknya sama lambung, kadang kita merasakan sampai di kerongkongan terasa panas, sering di sebut heartburn. Asama lambung naik adalah masalah kesehatan yang paling sering terjadi di masyarakat.

Gejala-gejala umum yang biasa menandakan asam lambung naik :
– Munculnya rasa panas dan terbakar pada bagian dada
– Perut sering merasakan nyeri dan perih
– Perut terasa mual dan muntah
– Mengalami perut kembung
– Mulut terasa pahit
– sering bersendawa
– sakit Tenggorokan sehingga sulit menelan makanan
– Bau mulut
– Produksi air liur berlebih

Untuk mengatasi masalah Asam lambung tinggi
1 Menjaga pola makan teratur
Kedislipinan dalam hal makanan menjadi faktor penting terhadap kesehatan pencernaan, untuk itu cobalam membiasakan diri dengan menjaga pola makan teratur.
Banyak mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan susu rendah lemak, makan secara perlahan dengan gigitan sedikit demi sedikit dan mengunyah dengan baik dan efisien untuk pencernaan. Makan dengandengan gigitan yang besar akan menambah waktu yang diperlukan oleh perut untuk memecah makanan. Makan dengan cara cepat juga bisa membuat anda menelan terlalu banyak udara, yang dapat menyebabkan kembung.
2 Mengunyah makanan hingga lembut
Makanan yang masuk ke dalam lambung harus sudah berbentuk bubur hal ini dapat mempermudah proses pencernaan, anda dapat mengunyah makanan hingga 32 kali atau lebih.
3. Menghindari makanan yang tidak sehat
Hindari jenis-jenis makanan yang mengakibatkan asam lambung tinggi, dan jangan mengkonsumsi makanan pedas berlebihan.
4. Hindari stress
Stress dapat meningkatkan produksi asam lambung. Untuk itu perlu anda hindari misalnya dengan berlibur bersama keluarga.
5. Berhenti merokok dan konsumsi alkohol
Rokok dan alkohol selain dapat meningkatkan asam lambung juga berdampak tidak baik untuk kesehatan.
6. Menurunkan berat badan
Obesitas atau kegemukan memicu naiknya asam lambung. Diet sehat dapat membantu anda menurunkan berat badan secara alami.

Atau anda bisa meredakan Asam lambung dengan ramuan alami

Menggunakan Jahe
Jahe merupakan bumbu rempah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita termasuk menjaga dan memelihara organ lambung. Jahe dapat membantu proses pengosongan isi lambung sehingga dapat mengurangi gejala refluks asam lambung. Mengkonsumsi sekitar 1-2 gram baik itu jahe bubuk maupun jahe mentah dikonsumsi 1 jam sebelum makan dapat mengurangi resiko dari naiknya asam lambung berlebih ke kerongkongan.

Teh chamomile
Tanaman chamomile sudah tidak asing lagi untuk mendengar sejuta manfaatnya. Tanaman chamomile mengandung senyawa antiinflamasi yang berguna untuk menghindari adanya peradangan akibat pengikisan asam lambung berlebih terhadap mukosa lambung. Kondisi seperti ini dapat membuat lambung bertahan dari jahatnya asam lambung. Mengkonsumsi tanaman chamomile seperti dibuat teh chamomile dapat menghindari resiko refluks asam lambung.

Dan apabila gejala asam lambung tinggi  yang tidak kunjung membaik sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter Spesialis.

You May Also Like