Cara Membersihkan Behel Gigi

Cara Membersihkan Behel Gigi

Cara Membersihkan Behel Gigi

Sikat Gigi

Diawali dengan menggosok gigi pada umumnya menggunakan sikat gigi yang biasa kalau bisa pilihlah yang sudutnya kecil dan bulu sikatnya yang lembut dan cara menggosoknya yang benar yaitu dengan gerakan naik turun dan sedikit berputar. Lamanya waktu menggosok gigi tidak lebih lama dari 2 menit dan tidak lebih cepat dari 1 menit, jika terlalu lama dapat merusak lapisan email gigi. Semua bagian gigi harus digosok secara menyeluruh.
Gunakan pasta gigi sesuai kondisi gigi dan menggosok gigi dalam keadaan kering tanpa berkemur terlebih dahulu

 

Tusuk Gigi

Gunakan tusuk gigi yang runcing dan tipis ujungnya untuk mencungkil sisa-sisa makanan yang masih menempel pada pesawat orthonya (braces nya), namun hati-hati jangan sampai melukai gusi.

 

Interdental Tootbrush atau Proxabrush

Interdental Tootbrush atau Proxabrush berguna untuk membersihkan sisa makanan yang masih menempel disela-sela antara gigi dan kawatnya, sikat gigi ini bentuknya kecil. Dapat kita beli di klinik-klinik ortho.

 

Dental Floss

Dental Floss adalah benang yang halus dan pipih sekali, biasa digunanya untuk membersihkan sisa makanan yang di sela-sela gigi sampai kebagian atas dibagian gusi. Dental Floss yang bagus ada juga yang dilapisi seperti bahan lilin (wax) sehingga jadi licin dan mampu menyelinap ke sela-sela gigi dengan baik. Kegiatan flossing ini sangat penting untuk menjaga kebersihan gigi baik gigi berkawat maupun tidak.

 

Obat Kumur

Setelah keempat proses di atas selesai. Tahap selanjutnya adalah berkumur selama minimal 30 detik dengan obat kumur yang tidak mengandung alcohol.

 
Beginilah cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi bagi pengguna behel minimal seminggu sekali dengan kelima tahapan diatas. Perawatan kebersihan gigi dapat juga dengan melakukan scaling (pembersihan karang gigi).
Bagi pengguna behel yang tidak menjaga kebersihan gigi dapat berakibat bau mulut, gigi berlubang yang disebabkan oleh terlalu banyak plak, serta mengurangi kondisi kesehatan tubuh pada umumnya dan sangat erat kaitannya dengan permasalahan jantung dan sistem saraf selainnya dikarenakan kebersihan gigi yang tidak dijaga maka bakteri akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh.

You May Also Like