Cara Bertahan Hidup yang Harus Anda Kuasai Ketika Terdampar

Cara Bertahan Hidup yang Harus Anda Kuasai Ketika Terdampar – Bencana yang akan terjadi bisa saja menghampiri kita dimanapun kita berada dan sedang apa kita. Jika sewaktu-waktu anda tersasar dan tidak tahu sedang berada dimana dan anda tidak tahu mau ngapain, pasti anda akan merasa takut. Dalam hal ini anda pasti harus mengetahui bagaimana cara bertahan hidup sampai bantuan datang. Nah dalam artikel ini akan diberikan sedikit pengetahuan untuk anda bila mungkin saja hal tersebut dapat menimpa anda.

1. Mencari Sumber Air Minum

Air minum adalah prioritas bagi manusia. Mencari sumber air harus Anda prioritaskan. Air merupakan asupan yang sangat pentung bagi kelangsungan hidup. Meskipun tidak makan, anda bisa menghambatnya dengan air minum. Anda dapat bertahan hidup tanpa makanan, namum tanpa air anda tidak bisa hidup selama 3 sampai 3 hari.

Air laut bukanlah pilihan anda karna garam dapat membuat tubuh anda semakin dehidrasi, yang bisa berujung pada gagal ginjal jika terus dikonsumsi. Sumber air minum darurat adalah air hujan. Anda dapat menggunakan daun besar untuk menampung air hujan kemudian dipindahkan kedalam botol air minum Anda.

2. Mencari atau membangun tempat tinggal

Mencari atau membangun tempat tinggal

Menemukan tempat berlinding merupakan cara bertahan hidup yang ideal ketika anda terjebak dialam liar. Hal ini bertujuan melindungi diri dari terik matahari serta hujan dan dapat dijadikan sebagai tempat beristirahat.

Usahakan cari gua kecil yang dapat dijadikan ‘rumah’. Jika tidak menemukannya, maka Anda harus membangunnya sendiri. Terdapat dua jenis tempat penampungan sementara yang dapat anda buat seperti

  • Lean to Shelter
    1. Cari pohon yang memiliki cabang besar dan sandarkan salah satu ujung ke pohon.
    2. Tempatkan cabang yang kecil pada sudut 45 derajat sepanjang cabang besar.
    3. Tutup dengan dedaunan berdaun lebar.
  • Tepee Shelter
    1. Kumpulkan 10 sampai 20 cabang yang panjang. semakin tebal rantingnya semakin aman tepee Anda.
    2. Tancapkan 3 Ujung cabang kedalam tanah untuk membuat bentuk seperti tripod.
    3. Posisikan cabang yang tersisa di sekitar tripod dalam lingkaran. Pastikan untuk membuat pintu keluar masuk.
    4. Temukan daun dengan permukaan lebar dan tebal untuk menutupi seluruh permukaan ranting.

3. Membuat Api

Membuat Api

Api dapat anda gunakan sebagai penghangat tubuh dan juga dapat memberi isyarat pesawat penyelamat. Cara membuatnya seperti:

1. Kumpulkan daun kering, ranting, dan cabang dengan berbagai ukuran.
2. Gunakan ranting yang lebih kecil, buat bentuk tepee (tripod) dan masukan dedaunan kering (atau kertas kering/kain kering jika menang ada) di tengahnya.
3. Gunakan kacamata, teropong, cermin, atau lensa untuk memusatkan sinar matahari pada material yang perlu dibakar. kemudian tiup perlahan saat mulai berasap.

Alternatif lainnya untuk membuat api
1. Temukan kayu yang tidak begitu keras, buat lekukan didasarnya
2. Taruh beberapa material kering disalah satu ujung yang akan dibakar.
3. Gunakan tongkat yang keras untuk digesekan kedasar lekukan yang telah dibuat.
4. Material kering akan mudah panas dan memercikan api-api kecil. Tiup perlahan untuk membantu proses pembentukan api.
5. Saat api mulai berkobar, letakan ranting kecil lainnya diatas untuk membantunya semakin besar.

4. Mencari sumber makanan

Mencari sumber makanan

Sumber makanan terbaik kemungkinan besar berada dekat daerah pantai seperti ikan, untuk menangkap ikan, teknik yang paling mudah dengan menggunakan tombak. Buatlah tombak panjang dari salah satu cabang pohon yang Anda temukan di pulau ini. runcingkan Ujungnya dengan pisau dan pastikan tongkat tersebut cukup panjag dan cukup untuk dilempar.

pegang tombak disamping anda. Pastikan untuk berjalan perlahan agar ikan tidak kabur. Saat ikan berhenti dan berkumpul di suatu tempat, lemparkan tombak kebagian tubuh atau kepala ikan.

5. Waspadai ancaman predator

Waspadai ancaman predator

Selalu waspada akan bahaya yang mungkin saja mengintai Anda. Anda tidak pernah tahu binatang apa saja yang hidup di pulau tersebut yang mungkin dapat membahayakan anda.

6. Bersiap menanti penyelamatan

Bersiap menanti penyelamatan

Setelah anda melakukan hal diatas, tugas terakhir anda hanya selalu bersiap dan bersabar menanti kedatangan orang ataupun regu penyelamatan. Api yang anda buat mungkin saja berasil memberi sinyal bagi pesawat yang lewat dilangit pulau tempat anda terdampar. Anda juga perlu membuat pesan SOS diatas Pasir.

Carilah cabang yang cukup besar untuk menuliskan huruf SOS diatas pasir sehingga pesawat yang lewat dapat menangkap sinyal anda bahwa ada orang yang butuh diselamatkan.