Behel Gigi

Behel Gigi

Behel Gigi juga dikenal dengan nama Kawat Gigi, Dental Braces, Braket Gigi, Pesawat Cekatan atau Cekatan Orthodonti . Behel gigi memiliki pengertian yang sama dengan kawat gigi atau braket atau yang dalam bahasa inggrisnya disebut sebagai Dental braces (orthodontic braces, biasa juga disebut sebagai braces saja atau bahkan aligner) adalah merupakan alat yang digunakan oleh Dokter gigi spesialis orthodonti untuk merapikan gigi pasien orthodonti untuk mendapatkan susunan gigi yang sempurna (gigitan sempurna) yaitu gigi rahang atas dan gigi rahang bawah berada pada posisi yang tepat saat melakukan gigitan, dimana akan berpengaruh kepada kemampuan dan kenyamanan dalam mengunyah makanan dan tentu saja membuat gigi tampak rapi (nilai estetika) dan bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Jika di indonesia itu sebutan yang paling populer untuk Dental Braces itu adalah BEHEL atau Behel gigi, padahal jaman dulu sewaktu belum banyak orang yang menggunakannya behel gigi juga dikenal sebagai kawat gigi. Pada waktu itu penggunaan behel gigi masih dianggap kuno dan bahkan penggunanya sering diidentikkan dengan seorang yang kurang perhatian atau tidak gaul, keadaannya sangat berbeda jauh sekarang ini dimana behel gigi dianggap sebagai suatu barang mewah karena harga pemasangan dan perawatannya yang mahal dan justru sekarang ini bagi penggunanya selalu diidentikkan dengan fashion anak muda masa kini. Bahkan yang memiliki gigi yang sudah rapi juga kurang puas jika belum menggunakan behel gigi.

Behel Gigi

Padahal bukan itu sebenarnya maksud dari penggunaan behel, inti penggunaan behel adalah untuk merapikan gigi. Kenapa harus merapikan gigi? ada banyak sekali jawabannya karena alasan seseorang untuk pada akhirnya memutuskan untuk menggunakan behel gigi itu beragam. Mulai dari susunan gigi yang tidak sempurna, gigi ginsul, bahkan ada yang hanya ingin mengikuti trend.