Beberapa Makanan pemicu Asam urat

Beberapa Makanan pemicu Asam urat.

Beberapa Makanan pemicu Asam urat.
pernahkan anda merasa nyeri disertai memar dan bengkak pada persendian dari tubuh kita, ini biasanya terjadi secara tiba-tiba tanpa kita sadar. Hal ini biasanya dipengaruhi bisa karena makanan atau suhu udara. kadang dalam masyarakat kita sering disebut Encok atau secara medis disebut Asam Urat. penyakit ini bayak disebabkan oleh mungkin pola makan kita yang tidak diperhatikan. tahu kah anda bahwa ada makanan yang memicu terjadinya Asam Urat ini, mari kita bahas satu persatu.
1. Kacang Hijau
Mengkonsumsi kacang-kacangan, merupakan salah satu pemicu penyakit Asam Urat salah satunya adalah Kacang Hijau. bagi yang kamu yang memiliki penyakit asam urat disarankan untuk tidak megkonsumsi jenis kacang-kacangan ini.
2. Biji Melinjo
Biji melinjo merupakan salah satu hasil tanaman yang banyak diolah menjadi bahan pangan seperti kerupuk. makanan berbahan dasar biji melinjo juga dapat meningkatkan risiko kambuhnya penyakit asam urat. Hal ini dikarenakan dalam 100gram biji melinjo mengandung antara 100 – 150 mg Purin, dimana senyawa tersebut sangat berbahaya bagi orang yang memiliki asam urat.
3. Jeroan Sapi
mengonsumsi daging jeroan sapi juga memiliki risiko tinggi terhadap kambuhnya asam urat dalam tubuh karena mengandung Zat Purin yang memicu Penyakit Asam urat.
4. Tempe
Meski terdengar sehat, mengonsumsi makan berjenis tempe merupakan salah satu hal yang perlu diwaspadai bagi penderita asam urat. karena merupakan jenis kacang-kacangan yang banyak mengandung zat purin.
5. Kacang Mete
Banyak orang suka mengonsumsi kacang mete yang pembuatannya dengan cara digoreng. Padahal makanan jenis ini mengandung senyawa zat Purin yang tinggi, bahkan dikatakan sangat berbahaya bagi penderita asam urat.
6. Hati ayam
Memang rasa yang didapat saat kita mengonsumsi jeroan ayam sangatlah gurih. Jeroan seperti Hati, Ampela, bersifat menyaring racun yang masuk melalui kerongkongan saat ayam sedang memakan sesuatu. Nah.. untuk itu mengonsumsi jeroan ayam sangat berisiko buruk pada Asam Urat jika melebihi konsumsi batas wajar.
7. Udang
udang mengandung banyak lemak, sama seperti kepiting laut. Jika kamu mengonsumsi udang dalam jumlah berlebih, maka dalam jangka waktu lama akan menimbulkan risiko asam urat.
8. Roti Manis
Mungkin kamu sedikit tidak percaya jika mengonsumsi roti manis setiap hari dapat memicu risiko terjadinya penyakit asam urat. Kandungan zat Purin yang terdapat dalam makanan olahan ini mencapai 100 – 1000 mg per 100 gramnya.
Itulah beberapa makanan yang mungkin harus dihindari para pendrita penyakit Asam Urat, lebih baik menghindari makan-makanan tersebut diatas. semoga artikel ini membawa manfaat bagi kesehatan anda.

You May Also Like