Bank Sampah

bank sampah

Bank Sampah

Bank Sampah – Sampah menjadi permasalahan seluruh dunia, bertamabahnya manusia, kebutuhan hidup, dan berkembangnya suatu daerah membuat problem baru yang muncul dan akan terus ada apabila tindakan untuk mengatasi atau usaha untuk mengurangi sampah.
oleh karena itu muncul ide kreatif yang muncul dari permasalahan ini. Bank Sampah kata-kata yang tidak asing bagi kita namun membingungkan bagi kita yang baru mendengar.

Bank Sampah adalah suatu kegiatan memilah, memilih sampah yang memiliki nilai ekonomis kemudian sampah tersebut disetorkan kepada bank sampah, hal berlaku seperti pada bank umum, hanya yang disetorkan adalah sampah yang masih mempumyai nilai ekonomis. bank sampah akan mencatat setiap sampah yang disetorkan dan masyarakat yang menjadi dari nasabah bank sampah akan mendapatkan pembayaran dari sampah yang sudah disetorkan.

Dari ide ini ternyata banyak sampah memiliki beberapa manfaat bagi manusia dan lingkungan hidup, seperti membuat lingkungan lebih bersih, menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan, dan membuat sampah menjadi barang ekonomis dan juga masyarakat akan mendapat penghasilan tambahan. Sebelumnya sampah dikelola dengancara dibakr, namun hal ini tentu saja hanya akan merusak lingkungan.

perlakuan masyarakat dengan berperan aktif menjalankan bank sampah sangat membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan samapah di kota besar.
karena muncul pola pikir baru dalam masyarakat bahwa sampah bukan sekedar sampah tetapi sampah akan menghasilkan jika kita bisa melihat nilai ekonomis dari sampah tersebut.

Sudah saatnya kita sadar akan kebersihan lingkungan sekitar, mulailah menabung sampah Anda karena manfaatnya bukan cuma Anda yang dapat merasakan tetapi orang lain disekitar anda juga. Sesuatu yang kreatif selalu menghasilkan suatu perubahan yang cukup besar. semakin berkurangnya sampah di masyarakat akan lebih banyak memberikan lahan baru untuk dikelola bukan untuk dipakai sebagai tempat pembuangan sampah,juga dampak lain yang sangat membantu adalah menanggulangi bencana banjir…marilah kita mulai hidup lebih bersahabat dengan lingkungan…hidup selaras dengan alam maka alam memberikan jaminan kehidupan buat kita. banyak daerah di Indonesia sudah mulai menjalankan atau membangun sampah, kapan daerah anda mengikuti langkah hebat seperti itu…

You May Also Like