Apa itu Vitamin D

Apa itu Vitamin D

Apa itu Vitamin D – meskipun mempunyai nama Vitamin D, namun vitamin D dianggap sebagai pro hormon yang sebenarnya bukan vitamin. Vitamin adalah nutrisi yang tidak dapat diciptakan oleh tubuh oleh karena itu harus dikonsumsi melalui makanan.
Kebutuhan akan vitamin D dapat diperoleh melalui penyerapan sinar matahari oleh tubuh, paparan sinar matahari yang masuk pada kulit langsung selama 5-10 menit 2-3 kali per minggu memungkinkan kebanyakan orang menghasilkan vitamin D yang cukup.
Vitamin D, juga dikenal sebagai vitamin sinar matahari, diproduksi oleh tubuh sebagai respon terhadap paparan sinar matahari. Bisa juga dikonsumsi dalam makanan atau suplemen. Memiliki cukup vitamin D penting untuk mempunyai beberapa manfaat, menjaga kesehatan tulang dan gigi, melindungi dari berbagai kondisi seperti kanker, diabetes tipe 1, mendukung fungsi paru-paru dan kesehatan kardiovaskular. dan multiple sclerosis.
Manfaat lain yang dperoleh dari Vitamin D :
1) Kesehatan Tulang
vitamin D berperan penting dalam pengaturan kalsium dan pemeliharaan kadar fosfor dalam darah, dua faktor yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang.
2) Mengurangi gejala Flu
vitamin D mengurangi gejala flu, terutama pada anak-anak
3) Mengurangi Resiko Diabetes
penyerapan vitamin D yang kurang, dapat menyebabkan sekresi insulin dan meningkatnya glukosa dalam darah. Hal ini menyebabkan diabetes.
4) Kesehatan Bayi
bayi yang kurang Vitamin D beresiko dengan meningkatnya penyakit terhadap bayi yaitu alergi,asma akibat menurunnya sistem kekebalan tubuh.
5) Kesehatan pada saat Hamil
bagi wanita hamil yang kekurangan Vitamin D akan mengalami kesulitan dalam proses melahirkan dan kadang harus dilakukan operasi caesar, namun selama kehamilan bila kadar Vitamin D yang tinggi akan berisiko meningkatnya alergi makanan pada anak pada 2 tahun pertama.
6) Pencegahan Kanker
vitamin D sangat penting untuk mengatur pertumbuhan sel-sel dalam tubuh, vitamin D dapat mengurangi perkembangan kanker dengan memperlambat pertumbuhan dan perkembangan pembuluh darah baru dijaringan kanker.
itulah penjelasan mengenai pengertian mengenai vitamin D, dalam artikel kami mencoba memberikan pemahaman singkat dan jelas mengenai apa sebenarnya Vitamin D dan beberapa manfaat yang bisa didapat dari penyerapan vitamin D bagi tubuh kita.
Semoga menambah info penting bagi kesehatan para pembaca dari artikel ini….salam sehat.

You May Also Like